Akreditasi
Nasional: Unggul
Internasional: AUN-QA, FIBAA
Periode Penerimaan: Tahunan
Masa Studi: 8 Semester (44 SKS)
Pelaksanaan: Penuhwaktu
Perkuliahan: On Campus
Informasi Jadwal/Persyaratan Pendaftaran: Website PPMB UNAIR
- Profil
- Perkuliahan
- Capaian Pembelajaran
- Jadwal Perkuliahan
- Status Akademik
- Organisasi Kemahasiswaan
- Beasiswa
- Alumni
- Penelitian
PROFIL |
Program Studi S1 Psikologi telah berdiri sejak tahun berdasarkan Surat Keputusan Rektor 076/PT.03.B/08/1981. Pembukaan program ini merespon kebutuhan masyarakat akan layanan psikologi baik masyarakat awam maupun di dunia industri. Proses perkembangan program studi didukung oleh semakin populernya psikologi di masyarakat dan bertambahnya kebutuhan lulusan di dunia kerja.
Dalam penyelenggaraan pendidikan, kurikulum program menggunakan pendekatan Outcome Based Education (OBE). Di Indonesia, Program Studi S1 Psikologi menjadi salah satu dari dua program studi yang mendapatkan akreditasi unggul. Selain itu, program ini juga telah mendapatkan akreditasi internasional dari FIBAA dan sertifikasi AUN-QA.
VISI, MISI, TUJUAN |
Visi
Menjadi salah satu Fakultas Psikologi yang mandiri, inovatif, terkemuka di tingkat nasional maupun internasional, pelopor pengembangan ilmu dan teknologi berbasis Psikologi berdasarkan moral agama.
Misi
- Menyelenggarakan pendidikan akademik dan profesional psikologi berbasis metode pembelajaran modern.
- Menyelenggarakan penelitian dasar dan terapan di bidang psikologi yang inovatif untuk menunjang pengembangan pendidikan dan pengabdian pada masyarakat.
- Mendarmabaktikan keahlian dalam bidang psikologi kepada masyarakat.
- Mengupayakan kemandirian dalam pelaksanaan tri dharma pendidikan tinggi melalui pengembangan kelembagaan manajemen modern yang berorientasi pada mutu dan kemampuan bersaing.
Tujuan
- Menghasilkan lulusan yang berkualitas yang mampu mengembangkan diri untuk bersaing di tingkat nasional dan internasional berdasarkan moral agama.
- Menghasilkan penelitian inovatif yang mendorong pengembangan ilmu pengetahuan.
- Menghasilkan pengabdian masyarakat melalui kajian dan pengembangan terapan psikologi yang berguna untuk kesejahteraan umat manusia.
- Ikut serta dalam mewujudkan kemandirian Universitas Airlangga yang adaptif. kreatif, proaktif terhadap tuntutan perkembangan lingkungan strategis.
PERKULIAHAN |
Kurikulum Prodi S1 Psikologi diperbaharui setiap 5 tahun sekali. Saat ini, terdapat dua kurikulum yang berlaku, yakni Kurikulum 2009 untuk mahasiswa angkatan 2012 ke atas dan Kurikulum 2014 untuk mahasiswa angkatan 2013 dan seterusnya. Kurikulum 2014 adalah pembaharuan dari kurikulum 2009. Beban perkuliahan menggunakan Sistem Kredit Semester (SKS).
KATEGORI MATA KULIAH
Kategori Mata Kuliah | SKS | Jumlah Mata Kuliah | |
Mata Kuliah Wajib Universitas | 10 | 5 | |
Mata Kuliah Wajib Inti | 117 | 46 | |
Mata Kuliah Wajib Peminatan | Psikologi Pendidikan dan Perkembangan | 12 | 6 |
Psikologi Kepribadian dan Sosial | 12 | 6 | |
Psikologi Industri dan Organisasi | 12 | 6 | |
Psikologi Klinis dan Kesehatan Mental | 12 | 5 | |
Mata Kuliah Pilihan Bebas | 6 | 12 | |
Total | 145 | 69 atau 68 |
- Wajib Universitas adalah mata kuliah-mata kuliah dasar yang sesuai dengan kebijakan kurikulum universitas.
- Wajib Inti adalah mata kuliah-mata kuliah dasar dan lanjutan yang didesain oleh Fakultas Psikologi Universitas Airlangga berdasarkan kesepakatan Kolokium untuk menunjang pembentukan kompetensi lulusan yang telah ditetapkan.
- Wajib Peminatan adalah mata kuliah-mata kuliah lanjutan yang didesain oleh Fakultas Psikologi Universitas Airlangga untuk memberikan pendalaman pada bidang minat tertentu yang memberikan bekal kompetensi yang dibutuhkan oleh masyarakat di masa mendatang. Mata kuliah ini memberikan bekal lulusan Sarjana Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Airlangga untuk memiliki kemampuan bersaing dengan sarjana-sarjana lain baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Wajib Peminatan terbagi menjadi 4 bidang peminatan yang dapat dipilih salah satu oleh mahasiswa, yaitu Psikologi Pendidikan dan Perkembangan, Psikologi Kepribadian dan Sosial, Psikologi Industri dan Organisasi, Psikologi Klinis danKesehatan Mental.
- Pilihan bebas adalah mata kuliah-mata kuliah pengembangan wawasan yang didesain oleh Fakultas Psikologi Universitas Airlangga. Mata kuliah ini ditujukan untuk memberikan peluang kepada mahasiswa membuka wawasan dengan mempelajari mata kuliah lain diluar bidang peminatannya.
STRUKTUR KURIKULUM
SEMESTER 1 |
Mata kuliah wajib yang diambil
bersama pada Semester 1 |
Psikologi Umum I | 3 sks |
Psikologi Umum II | 3 sks | ||
Mata kuliah wajib yang diambil sesuai sisa sks | Psikologi Faal | 2 sks | |
Antropologi | 2 sks | ||
Sejarah dan Aliran Psikologi | 2 sks | ||
Agama I | 2 sks | ||
Filsafat Ilmu dan Logika | 2 sks | ||
Pancasila dan Kewarganegaraan | 2 sks | ||
Sosiologi | 2 sks | ||
SEMESTER 2 |
Mata kuliah wajib yang diambil bersama pada Semester 2 | Psikologi Sosial I | 3 sks |
Psikologi Sosial II | 3 sks | ||
Statistik I | 3 sks | ||
Statistik II | 3 sks | ||
Mata kuliah wajib yang diambil sesuai sisa sks | Teori Psikologi Perkembangan | 2 sks | |
Psikologi Klinis | 3 sks | ||
Psikologi Belajar | 3 sks | ||
Filsafat Manusia | 2 sks | ||
Mata kuliah pilihan bebas | Psikologi Forensik | 2 sks | |
SEMESTER 3 |
Mata kuliah wajib yang diambil bersama pada Semester 3 | Psikologi Kepribadian I | 3 sks |
Psikologi Kepribadian II | 3 sks | ||
Psikologi Perkembangan I | 3 sks | ||
Psikologi Perkembangan II | 3 sks | ||
Mata kuliah wajib yang diambil sesuai sisa sks | Psikologi Industri dan Organisasi | 3 sks | |
Psikometri | 3 sks | ||
Psikodiagnostik I | 2 sks | ||
Asas-asas Manajemen | 2 sks | ||
Ilmu Alamiah Dasar | 2 sks | ||
Mata kuliah pilihan bebas | Psikologi Keluarga | 2 sks | |
Psikologi Gender | 2 sks | ||
Dinamika Kelompok | 2 sks | ||
Psikologi Massa | 2 sks | ||
SEMESTER 4 |
Mata kuliah wajib yang diambil bersama pada Semester 4 | Psikodiagnostik II | 2 sks |
Psikodiagnostik III | 2 sks | ||
Mata kuliah wajib yang diambil sesuai sisa sks | Dasar Metodologi Penelitian | 3 sks | |
Psikologi Eksperimen | 2 sks | ||
Pendidikan Moral (Kode Etik) | 2 sks | ||
Konstruksi Alat Ukur | 3 sks | ||
Tes Prestasi | 3 sks | ||
Pengelolaan Manusia dalam Organisasi | 2 sks | ||
Psikologi Pendidikan | 3 sks | ||
Mata kuliah pilihan bebas | Andragogi | 2 sks | |
Psikologi Komunikasi | 2 sks | ||
SEMESTER 5 |
Mata kuliah wajib yang diambil bersama pada Semester 5 | Psikodiagnostik IV | 2 sks |
Psikodiagnostik V | 3 sks | ||
Psikodiagnostik VI | 3 sks | ||
Mata kuliah wajib yang diambil sesuai sisa sks | Psikologi Abnormal | 3 sks | |
Modifikasi Perilaku | 2 sks | ||
Konseling | 3 sks | ||
KKN-BBM | 3 sks | ||
Mata kuliah peminatan Psikologi Klinis dan Kesehatan Mental | Psikologi Kesehatan | 2 sks | |
Psikologi Dalam | 2 sks | ||
Mata kuliah peminatan Psikologi Industri dan Organisasi | Teori Organisasi | 2 sks | |
Kompetensi dalam Kerja | 2 sks | ||
Mata kuliah peminatan Psikologi Kepribadian dan Sosial | Psikologi Perubahan Sosial | 2 sks | |
Psikologi Sosial Terapan | 2 sks | ||
Mata kuliah peminatan Psikologi Pendidikan dan Perkembangan | Filsafat Pendidikan | 2 sks | |
Psikologi Anak dan Remaja Khusus | 2 sks | ||
Psikologi Bermain | 2 sks | ||
Mata kuliah pilihan bebas | Kesehatan Mental | 2 sks | |
Patologi Anak dan Remaja Khusus | 2 sks | ||
Model Pengambilan Keputusan | 2 sks | ||
SEMESTER 6 |
Mata kuliah wajib yang diambil bersama pada Semester 6 | Penelitian Kuantitatif | 3 sks |
Penelitian Kualitatif | 3 sks | ||
Mata kuliah wajib yang diambil sesuai sisa sks | Psikologi Kognitif | 2 sks | |
Antropologi | 2 sks | ||
Psikologi Humanistik | 2 sks | ||
Psikologi Lintas Budaya | 2 sks | ||
Hubungan Antar Person | 2 sks | ||
Mata kuliah peminatan Psikologi Klinis dan Kesehatan Mental | Asesmen Psikologi Klinis | 3 sks | |
Seminar Psikologi Klinis | 2 sks | ||
Mata kuliah peminatan Psikologi Industri dan Organisasi | Perilaku Organisasi | 2 sks | |
Pengembangan Individu dalam Organisasi | 2 sks | ||
Mata kuliah peminatan Psikologi Kepribadian dan Sosial | Isu-isu Sosial Masyarakat Indonesia | 2 sks | |
Asesmen Komunitas dan Analisis Sosial | 2 sks | ||
Mata kuliah peminatan Psikologi Pendidikan dan Perkembangan | Asesmen Psikologi Pendidikan dan Perkembangan | 2 sks | |
Psikologi Pendidikan Anak Berbakat | 2 sks | ||
Mata kuliah pilihan bebas | Hubungan Industrial | 2 sks | |
Psikologi Niaga | 2 sks | ||
SEMESTER 7 |
Mata kuliah wajib yang diambil sesuai jumlah sks | Skripsi | 6 sks |
Mata kuliah peminatan Psikologi Klinis dan Kesehatan Mental | Intervensi Klinis | 3 sks | |
Mata kuliah peminatan Psikologi Industri dan Organisasi | Seminar Psikologi Industri dan Organisasi | 2 sks | |
Manajemen Sumber Daya Manusia | 2 sks | ||
Mata kuliah peminatan Psikologi Kepribadian dan Sosial | Riset Sosial | 2 sks | |
Seminar Psikologi Sosial | 2 sks | ||
Mata kuliah peminatan Psikologi Pendidikan dan Perkembangan | Seminar Psikologi Pendidikan dan Perkembangan | 2 sks |
KURIKULUM 2014
Sementara itu pada kurikulum 2014, mahasiswa harus menempuh sedikitnya 144 sks untuk dapat dinyatakan lulus sebagai Sarjana Psikologi.
KATEGORI MATA KULIAH
Kategori Mata Kuliah | SKS | Jumlah Mata Kuliah | |
Mata Kuliah Wajib Universitas (MKWU) | 21 | 10 | |
Mata Kuliah Wajib Program Studi (MKWPS) | 102 | 31 | |
Mata Kuliah Pilihan (MKP) | Psikologi Pendidikan dan Perkembangan | 19 | 8 |
Psikologi Kepribadian dan Sosial | 19 | 8 | |
Psikologi Industri dan Organisasi | 19 | 6 | |
Psikologi Klinis dan Kesehatan Mental | 19 | 8 |
- Mata Kuliah Wajib Universitas adalah mata kuliah-mata kuliah dasar yang sesuai dengan kebijakan kurikulum tingkat universitas.
- Mata Kuliah Wajib Program, Studi adalah mata kuliah-mata kuliah dasar dan lanjutan yang didesain oleh Program Studi Psikologi (S1) Fakultas Psikologi Universitas Airlangga untuk mencapai capaian pembelajaran lulusan Sarjana Psikologi di Fakultas Psikologi Universitas Airlangga.
- Mata Kuliah Pilihan adalah mata kuliah-mata kuliah lanjutan yang didesain oleh Fakultas Psikologi Universitas Airlangga untuk memberikan pendalaman pada bidang minat tertentu – sesuai dengan tuntutan masyarakat dan perkembangan ilmu dan riset psikologi. Mata kuliah ini memberikan bekal lulusan Sarjana Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Airlangga untuk memiliki kemampuan bersaing dengan sarjana-sarjana lain baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Mata Kuliah Pilihan terbagi menjadi 4 bidang peminatan yang dapat dipilih salah satu oleh mahasiswa, yaitu Psikologi Pendidikan dan Perkembangan, Psikologi Kepribadian dan Sosial, Psikologi Industri dan Organisasi, Psikologi Klinis dan Kesehatan Mental. Mahasiswa wajib menentukan pilihan minatnya dan mengambil semua mata kuliah pilihan pada peminatannya dan setidaknya 1 (satu) mata kuliah pilihan di peminatan lainnya.
No | Mata Kuliah | SKS | |
Kode | Nama Mata Kuliah | ||
1 | 2 | 3 | 4 |
SEMESTER 1 | |||
WAJIB | |||
1a | AGB101 | Agama Budha I (2 sks) | 2 |
1b | AGI101 | Agama Islam I (2 sks) | |
1c | AGK101 | Agama Katolik I (2 sks) | |
1d | AGP101 | Agama Kristen Protestan I (2 sks) | |
1e | AGH101 | Agama Hindu I (2 sks) | |
1f | AGC101 | Agama Konghucu I (2 sks) | |
2 | PSU104 | Sejarah dan Aliran Psikologi | 2 |
3 | SOA102 | Antropologi | 2 |
4 | SOS102 | Sosiologi | 2 |
5 | PSU106 | Perilaku Individu dan Proses Mental | 3 |
6 | PSU107 | Biopsikologi Perilaku | 4 |
7 | PSS104 | Kognisi Sosial | 2 |
8 | PSS105 | Interaksi Sosial | 3 |
9 | BAE110 | Bahasa Inggris | 2 |
JUMLAH BEBAN STUDI SEMESTER 1 | 22 | ||
SEMESTER 2 | |||
WAJIB | |||
1 | NOP103 | Pancasila | 2 |
2 | NOP104 | Kewarganegaraan | 2 |
3 | PHP101 | Filsafat Ilmu | 2 |
4 | PHP102 | Filsafat Manusia | 2 |
5 | PSS106 | Pengaruh Sosial dan Dinamika Kelompok | 2 |
6 | PSU105 | Psikologi Belajar | 2 |
7 | PSU108 | Psikologi Kepribadian | 4 |
8 | PSD101 | Teori Psikologi Perkembangan | 3 |
9 | BAI101 | Bahasa Indonesia | 2 |
10 | SOK105 | Keterampilan Komunikasi | 2 |
JUMLAH BEBAN STUDI SEMESTER 2 | 23 | ||
SEMESTER 3 | |||
WAJIB | |||
1 | PSD203 | Perkembangan Manusia, Pendidikan & Keluarga | 4 |
2 | PSC202 | Perilaku Sehat | 2 |
3 | PSC305 | Kesehatan Mental | 3 |
4 | PSA207 | Pengukuran Psikologis | 5 |
5 | PSA208 | Dasar-dasar Asesmen Psikologis | 4 |
6 | PSA209 | Dasar-dasar Intervensi Psikologis | 4 |
JUMLAH BEBAN STUDI SEMESTER 3 | 22 | ||
SEMESTER 4 | |||
WAJIB | |||
1 | PSE202 | Psikologi Pendidikan | 3 |
2 | PSI201 | Psikologi Industri & Organisasi | 3 |
3 | PSC203 | Psikopatologi | 3 |
4 | PNP205 | Dasar-dasar Metode Penelitian* | 2 |
5 | PSA210 | Asesmen & Intervensi Anak dan Remaja* | 4 |
6 | PSA211 | Asesmen & Intervensi Dewasa dan Lansia* | 4 |
7 | PSA212 | Asesmen & Intervensi Komunitas* | 4 |
JUMLAH BEBAN STUDI SEMESTER 4 | 23 | ||
SEMESTER 5 | |||
WAJIB | |||
1a | AGB401 | Agama Budha II (2 sks) | 2 |
1b | AGI401 | Agama Islam II (2 sks) | |
1c | AGK401 | Agama Katolik II (2 sks) | |
1d | AGP401 | Agama Kristen Protestan II (2 sks) | |
1e | AGH401 | Agama Hindu II (2 sks) | |
1f | AGC401 | Agama Konghucu II (2 sks) | |
2 | PSS303 | Psikologi Ulayat | 3 |
3 | PNP206 | Metode dan Analisis Data Penelitian Kuantitatif | 7 |
4 | PNP207 | Metode dan Analisis Data Penelitian Kualitatif | 4 |
5 | PSA304 | Asesmen & Intervensi Organisasi* | 4 |
6 | PSO301 | Kepemimpinan dan Pengambilan Keputusan* | 2 |
7 | PSD305 | Pengembangan Diri* | 2 |
JUMLAH BEBAN STUDI SEMESTER 5 | 24 | ||
SEMESTER 6 | |||
WAJIB | |||
1 | KNP401 | KKN-BBM | 3 |
2 | PSD403 | Seminar Psikologi Pendidikan dan Perkembangan | 2 |
3 | PSE301 | Pendidikan Anak Usia Dini | 2 |
4 | PSE302 | Pendidikan Orang Dewasa | 2 |
5 | PSE303 | Psikologi Keberbakatan | 2 |
6 | PSD303 | Psikologi Bermain | 2 |
7 | PSC309 | Kesehatan Mental Anak dan Remaja** | 3 |
Peminatan Psikologi Kepribadian dan Sosial | |||
1 | PSS405 | Seminar Psikologi Sosial | 2 |
2 | PSK301 | Kesehatan Mental Komunitas*** | 3 |
3 | PSS304 | Psikologi Ruang Maya | 2 |
4 | PSS305 | Psikologi Perdamaian | 2 |
5 | PSS306 | Psikologi Bencana | 3 |
Peminatan Psikologi Industri dan Organisasi | |||
1 | PSI404 | Seminar Psikologi Industri dan Organisasi | 2 |
2 | PSC310 | Kesehatan Mental dan Psikologi Perilaku Kerja | 3 |
3 | PSO302 | Psikologi Kewirausahaan | 3 |
4 | PSO303 | Pengembangan Individu dalam Organisasi | 5 |
Peminatan Psikologi Klinis dan Kesehatan Mental | |||
1 | PSC403 | Seminar Psikologi Klinis dan Kesehatan Mental | 2 |
2 | PSC311 | Pengelolaan Stres | 2 |
3 | PSC309 | Kesehatan Mental Anak dan Remaja** | 3 |
4 | PSC102 | Psikologi Forensik | 2 |
5 | PSC312 | Konseling Terapeutik | 2 |
6 | PSK301 | Kesehatan Mental Komunitas*** | 3 |
JUMLAH BEBAN STUDI MINIMAL SEMESTER 6 | 15-17 | ||
SEMESTER 7 | |||
Peminatan Psikologi Pendidikan dan Perkembangan | |||
1 | PSE304 | Pendidikan Inklusi | 3 |
2 | PSD306 | Optimalisasi Perkembangan Manusia | 3 |
Peminatan Psikologi Kepribadian dan Sosial | |||
1 | PSK302 | Perilaku Sehat Berbasis Komunitas | 2 |
2 | PSS307 | Perdagangan Manusia dan Ketahanan Keluarga | 3 |
3 | PSS308 | Psikologi Massa | 2 |
Peminatan Psikologi Industri dan Organisasi | |||
1 | PSO304 | Kelompok dalam Organisasi | 2 |
2 | PSO305 | Pengembangan Organisasi | 4 |
Peminatan Psikologi Klinis dan Kesehatan Mental | |||
1 | PSC313 | Kesehatan Mental Keluarga | 2 |
2 | PSC314 | Kesehatan Mental Dewasa dan Lansia | 3 |
JUMLAH BEBAN STUDI MINIMAL SEMESTER 7 | 5-7 | ||
SEMESTER 8 | |||
1 | PNP499 | Skripsi | 6 |
JUMLAH BEBAN STUDI SEMESTER 8 | 6 | ||
JUMLAH BEBAN STUDI MINIMAL PROGRAM STUDI | 144 |
KELAS INTERNASIONAL
- Academic Mobility Exchange for Undergraduate at Airlangga (AMERTA). Prodi S1 Psikologi menawarkan beberapa mata kuliah untuk kelas internasional yang dikelola terpusat oleh Universitas Airlangga.
- Inbound-outbond student mobility UNAIR-UUM. Prodi S1 Psikologi dan School of Applied Psychology, Social Work, and Policy, Universiti Utara (Malaysia) menyelenggarakan pertukaran mahasiswa kedua prodi, dimana mahasiswa masing-masing prodi akan mengikuti perkuliahan selama satu semester di partner-institution dengan sistem transfer kredit.
- 2+2 Articulation Program (kerjasama dengan QUT, Australia). Program ini merupakan kerjasama antara Prodi S1 Psikologi dengan School of Psychology and Counseling, Queensland University of Technology (Australia) yang menawarkan gelar ganda. Mahasiswa akan menempuh pendidikan dua tahun pertama di UNAIR dan dua tahun selanjutnya di QUT.
CAPAIAN PEMBELAJARAN |
Saat ini, berlaku 2 kurikulum di prodi psikologi, yakni kurikulum 2009 dan kurikulum 2014. Kurikulum 2009 berlaku untuk mahasiswa angkatan 2012 ke atas. Sementara itu, kurikulum 2014 adalah hasil redesain kurikulum 2009 yang mulai berlaku pada angkatan 2013 dan seterusnya.
Capaian Pembelajaran Kurikulum 2009
Area Kompetensi | Capaian Pembelajaran |
Personal: Kompetensi yang terkait dengan pengembangan kesadaran diri dan pembentukan karakter pada mahasiswa. | 1. Mampu menerapkan konsep dan keterampilan dalam ilmu psikologi, refleksi diri yang efektif, keterampilan manajemen proyek, keterampilan bekerja dalam kelompok, keterampilan komunikasi, dan persiapan karir sejalan dengan konteks nilai dan standar profesional. |
Konseptual: Kompetensi yang terkait dengan penguasaan konsep dan teori psikologi secara mendalam. | 2. Mampu mendemonstrasikan pengetahuan dasar dan pemahaman terhadap konsep-konsep besar, perspektif teoretis, perkembangan zaman, dan temuan-temuan empiris untuk menjelaskan prinsip-prinsip psikologis yang berlaku pada permasalahan perilaku. |
Riset dan Asesmen: kemampuan dan keterampilan untuk melakukan penelitian dan asesmen terkait isu psikologis baik individu maupun masyarakat. | 3. Mampu mendemonstrasikan kompetensi dalam penggunaan teori serta mendesain dan melaksanakan rencana penelitian dan asesmen |
Kreasi dan Intervensi: kemampuan untuk menciptakan “karya nyata” untuk mengembangkan kesejateraan psikologis (well-being) individu dan masyarakat. | 4. Mampu mendesain program atau produk inovatif untuk mengoptimalkan kontribusi kepada kesejahteraan masyarakat. |
Capaian Pembelajaran Kurikulum 2014
KOMPETENSI UTAMA
No | Capaian Pembelajaran | Mata Kuliah |
1 | Menunjukkan perilaku yang didasari nilai moral luhur, menghargai perbedaan dan bersikap empatik. |
|
2 | Menguasai konsep teoretis utama (major concepts) tentang proses dan fungsi mental manusia (seperti memori, emosi, dan motivasi), serta sejarah dan aliran-aliran dalam psikologi. |
|
3 | Menguasai konsep teoritis tentang pengaruh otak dan sistem syaraf terhadap perilaku. |
|
4 | Menguasai konsep teoritis tentang proses belajar. |
|
5 | Menguasai teori-teori kepribadian. |
|
6 | Menguasai konsep teoritis tentang perkembangan manusia dari konsepsi sampai usia lanjut. |
|
7 | Menguasai konsep teoritis tentang kesehatan mental dan psikopatologi. |
|
Menguasai prinsip-prinsip pendekatan komunitas dalam mengupayakan peningkatan kesehatan mental. | ||
8 | Menguasai konsep teoritis hubungan manusia dengan lingkungan sosialnya. |
|
9 | Menguasai konsep dan teori-teori dasar dalam Psikologi Industri dan Organisasi. |
|
10 | Menguasai teknik-teknik statistika dasar dan metodologi penelitian dasar. |
|
11 | Menguasai tahapan penyusunan skala psikologi, konsep-konsep dalam pengukuran psikologis (validitas, reliabilitas, norma), teori tes klasik, dan konsep dasar dalam psikometri. |
|
12 | Mampu mengembangkan instrumen pengukuran psikologi berlandaskan pada kaidah-kaidah teori tes klasik. | |
13 | Menguasai konsep dasar dan prinsip-prinsip psikodiagnostik, dan teknik interview, teknik observasi, serta konsep teoritis yang mendasari tes psikologi. |
|
14 | Menguasai dasar-dasar konseling, psikoedukasi, pelatihan, dan psikoterapi. |
|
15 | Menguasai konsep teoritik komunikasi antar pribadi dan komunikasi massa. |
|
16 | Mampu menyampaikan gagasan secara tertulis, menampilkan presentasi secara efektif, dan menggunakan teknologi informasi secara bertanggungjawab. | |
17 | Menguasai tata cara penulisan ilmiah dengan standar American Psychological Association (APA). | |
18 | Menguasai Prinsip Etika Profesi dan Kode Etik Psikologi Indonesia. |
|
19 | Mampu mempertanggung-jawabkan hasil kerja berdasarkan Kode Etik Psikologi Indonesia. | |
20 | Menguasai konsep teoritik tentang pengembangan diri dan karir. |
|
21 | Mampu melakukan rapport dan membangun hubungan profesional yang efektif serta membangun hubungan interpersonal yang sehat. |
|
22 | Mampu melakukan interview, observasi, tes psikologi yang diperbolehkan sesuai dengan prinsip psikodiagnostik dan Kode Etik Psikologi Indonesia. | |
23 | Mampu menganalisis persoalan psikologis non-klinis dan persoalan perilaku, serta menyajikan alternatif pemecahan masalahnya yang sudah ada. | |
24 | Mampu melakukan intervensi psikologi dengan menggunakan konseling, psikoedukasi, pelatihan, dan teknik intervensi lain yang diperbolehkan dengan mendasarkan diri pada konsep teoritis dalam psikologi dan Kode Etik Psikologi Indonesia. | |
25 | Mampu melakukan penelitian psikologi dengan metodologi penelitian kuantitatif (minimal dengan analisis statistika deskriptif atau inferensial bivariate, serta non-parametrik untuk observed variable), dan dengan metodologi penelitian kualitatif generik. |
|
26 | Mampu merencanakan dan mengembangan karier dan pengembangan dirinya sendiri (career and personal development). |
|
KOMPETENSI PENDUKUNG
No | Capaian Pembelajaran | Mata Kuliah |
27 | Menjelaskan konsep-konsep dasar dalam filsafat ilmu pengetahuan, seperti paradigm, faslifikasi, realism, dan model hipotetik deduktif |
|
28 | Menjelaskan secara kritis dan argumentatif problem filosofis hakikat manusia yang terkait dengan fitur fisik, metafisik dan sosial |
|
29 | Menjelaskan dampak-dampak perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terhadap lingkungan global |
|
30 | Membuat peta/dinamika persoalan perkembangan dan pendidikan pada masing-masing tahap perkembangan dengan menggunakan perspektif keluarga |
|
31 | Membuat skema/diagram dinamika pengaruh kelompok atas lembaga-lembaga sosial, serta bagaimana kelompok mengajarkan pada individu tentang apa yang patut dan tidak patut, memudahkan dan menghambat perubahan, menandai tingkatan status, kelas sosial dan kekuasaan, serta menunjukkan prasangka dan diskriminasi. |
|
32 | Menguasai konsep teoritis dan pendekatan kajian ulayat (indigenous) terhadap perilaku individu dan kelompok |
|
33 | Membuat skema/diagram dinamika perilaku masyarakat Indonesia saat ini dengan menggunakan perspektif antropologi psikologi |
|
34 | Menggunakan bahasa Indonesia dalam berkomunikasi, baik secara lisan maupun tulisan, sesuai dengan kaidah yang berlaku |
|
35 | Menggunakan bahasa Inggris dalam berkomunikasi, baik secara lisan maupun tulisan, sesuai dengan kaidah yang berlaku |
|
36 | Menguasai konsep teoritis tentang dinamika dan perkembangan keluarga dalam kaitannya dengan perkembangan individu. |
|
37 | Menyusun desain promosi kesehatan komunitas melalui pendekatan intervention mapping |
|
38 | Mampu mengenali dan mengembangkan potensi kepemimpinan yang ada di dalam dirinya |
|
39 | Mampu mengambil keputusan berdasarkan teknik analisis pengambilan keputusan | |
40 | Menyusun proposal penelitian skripsi sesuai dengan tema dan topik dalam bidang peminatan masing-masing |
|
KOMPETENSI KHUSUS (LAINNYA)
No | Capaian Pembelajaran | Mata Kuliah |
41 | Menyusun perencanaan pembelajaran atau pengelolaan pendidikan anak usia dini sesuai dengan konsep perkembangan anak (Developmentally Appropriate Practice/DAP) |
|
42 | Mampu mendesain perencanaan program pembelajaran bagi orang dewasa |
|
43 | Menerapkan program untuk pengembangan individu berbakat pada aspek sosioemosional, kreativitas, kemandirian belajar dan karir |
|
44 | Mampu membuat alat permainan edukatif (APE) sebagai stimulasi perkembangan dan media pembelajaran dalam pendidikan |
|
45 | Merancang program pencegahan gangguan emosi dan perilaku pada anak dan remaja dengan mempertimbangkan aspek bio-psiko-sosio-kultural dan gender |
|
46 | Mampu mengembangkan strategi pembelajaran untuk Siswa Berkebutuhan Khusus sesuai dengan kekhususannya di Sekolah Inklusi | · Pendidikan Inklusi |
47 | Membuat rekomendasi yang tepat untuk membantu mengoptimalkan perkembangan dan menyelesaikan persoalan individu pada setiap tahapan usia perkembangan (anak, remaja, dewasa dan usia lanjut) |
|
48 | Membuat desain perencanaan kegiatan profiling komunitas untuk peningkatan kesehatan mental |
|
49 | Mengintervensi perilaku adiksi yang muncul akibat penggunaan media informasi-komunikasi dan teknologi (computer-mediated communication behavior), baik dalam lingkup individual maupun sosial. |
|
50 | Membuat rancangan resolusi konflik dalam konteks masyarakat Indonesia |
|
51 | Mampu melakukan penanganan psikologis terhadap korban bencana berdasarkan pendekatan dan prosedur Psychological First Aids |
|
52 | Mampu melakukan intervensi penguatan kapasitas psikososial untuk masyarakat di wilayah rawan bencana (mitigasi bencana) | |
53 | Mengidentifikasi faktor resiko yang berkontribusi pada problem kesehatan dengan menggali faktor determinan berdasarkan pendekatan ekologis dengan menggunakan langkah-langkah intervention mapping |
|
54 | Melakukan pendampingan atau psikoedukasi pada masyarakat terkait dengan kasus perdagangan manusia |
|
55 | Merancang suatu desain perilaku massa untuk kepentingan yang konstruktif dalam kehidupan masyarakat |
|
56 | Membuat rancangan program-program intervensi yang dapat meningkatkan perilaku kerja positif dan mengurangi perilaku kerja negative |
|
57 | Menyusun rencana bisnis, dan melakukan analisis pasar terkait usaha yang akan digelutinya |
|
58 | Mampu mendesain coaching untuk pengembangan individu di tempat kerja |
|
59 | Merancang pelatihan yang dapat meningkatkan efektivitas kelompok untuk meningkatkan kesehatan mental di organisasi |
|
60 | Merancang modul inisiasi perubahan budaya organisasi |
|
61 | Membuat proyek pengelolaan stres yang terkait dengan kasus stres personal dalam kehidupan sehari-hari. |
|
62 | Mampu melakukan pemetaan psikologis terhadap pelaku tindakan kriminal/kejahatan (Criminal Profiling) |
|
63 | Mampu melakukan otopsi psikologis atas korban kejahatan/kriminal (Psychological Autopsy) | |
64 | Mampu melakukan konseling kelompok pada kasus penyalahgunaan zat atau perilaku beresiko remaja |
|
65 | Melakukan konseling terhadap masalah-masalah non-klinis dalam perkawinan dan keluarga |
|
66 | Merancang program preventif, promotif dan kuratif terhadap gangguan psikologis pada masa dewasa dan usia lanjut |
|
JADWAL PERKULIAHAN |
Kegiatan belajar mengajar dibagi menjadi dua semester dalam satu tahun. Semester Gasal dilaksanakan Bulan Agustus – Januari, sementara Semester Genap dilaksanakan Bulan Februari - Juli. Jumlah pertemuan minimal dalam satu semester adalah 14 perkuliahan, yang dapat berupa berbagai macam strategi pembelajaran, seperti: perkuliahan, seminar, diskusi kelompok, praktikum, praktik kerja lapangan, penelitian, dan sebagainya.
Mahasiswa dapat mengakses jadwal perkuliahan melalui akun masing-masing di Universitas Airlangga Cyber Campus (UACC).
STATUS AKADEMIK |
Prodi S1 Psikologi terakreditasi “A” berdasarkan SK No. 1386/BAN PT/Akred/S/VII/2016, tertanggal 29 Juli 2016, yang berlaku hingga 29 Juli 2021.
Lulusan akan bergelar Sarjana Psikologi (S.Psi.). Mahasiswa 2+2 Articulation Program akan mendapatkan gelar Sarjana Psikologi sekaligus Bachelor of Behavioral Science.
ORGANISASI KEMAHASISWAAN |
Prodi S1 Psikologi memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengembangkan soft skills dan potensi kepemimpinan melalui berbagai organisasi kemahasiswaan (ormawa): BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa), BLM (Badan Legislatif Mahasiswa) dan BSO (Badan Semi Otonom). Kegiatan-kegiatan ormawa direncanakan oleh pengurus, didampingi oleh dosen pendamping kemahasiswaan, dan dilaporkan secara berkala kepada pimpinan fakultas.
BEASISWA |
Sejumlah beasiswa ditawarkan pada mahasiswa dan sebagian besar dikelola terpusat oleh Universitas Airlangga. Beasiswa diberikan pada mahasiswa yang memenuhi persyaratan yang diberikan. Beasiswa yang dikelola terpusat oleh UNAIR antara lain:
- Beasiswa Masuk Universitas (BMU),
- BUMN Peduli Pendidikan,
- Bidik Misi,
- Peningkatan Prestasi Akademik (PPA),
- Bantuan Belajar Mahasiswa (BBM),
- Peningkatan Prestasi Ekstrakurikuler (PPE),
- Djarum Bakti Pendidikan,
- Bank Mayapada,
- Bank Eka Cipta,
- Semen Gresik,
- Indocement Tunggal Prakarsa,
- Pertamina Yekape,
- Supersemar,
- Bakti BCA
- Damandiri,
- Bank Indonesia,
- Bank Rakyat Indonesia,
- PT. Gas Negara,
- Marga Jaya,
- Indocement, dan lain-lain.
ALUMNI |
Sejarah dan Sekilas Apsilangga
Fakultas Psikologi Universitas Airlangga memiliki himpunan alumni yang disebut Apsilangga (Alumni Psikologi Universitas Airlangga). Berbagai kegiatan dilakukan oleh Apsilangga, baik oleh pengurus maupun para alumninya. Alumni Fakultas Psikologi Universitas Airlangga terlibat aktif dalam berbagai kegiatan yang diselenggarakan oleh universitas, khususnya yang dilakukan oleh IKA UA maupun Fakultas Psikologi sendiri. Apsilangga sebagai wadah komunikasi bagi para alumni secara resmi berdiri pada tahun 2003 melalui Mukernas Alumni yang bertempat di Hotel Surabaya Hilton, saat itu masih bernama IKA-PSIKOLOGI UNAIR. Pada tahun 2008 melalui Mukernas III, wadah tersebut berganti nama menjadi Apsilangga. Selain sebagai wadah komunikasi, pada perkembangannya Apsilangga berhasil menjadikan dirinya sebagai wadah pengembangan diri alumni, mahasiswa dan masyarakat luas. Program seminar dan pelatihan yang diadakan oleh Apsilangga serta informasi berbagai lowongan kerja yang disampaikan baik melalui blog alumni maupun melalui website resmi fakultas menjadi wahana efektif untuk pengembangan akademik dan nonakademik alumni, mahasiswa dan masyarakat luas. Bahkan, dalam perkembangan terakhir, Apsilangga bekerjasama dengan HIMPSI Jatim menjadi penghubung untuk peningkatan keterampilan psikodiagnostik dan wawasan profesionalisme kepada alumni, mahasiswa dan masyarakat luas. Apsilangga juga membangun jejaring sosial untuk mempertajam kepedulian sosial kepada masyarakat luas maupun kepada sesama alumni, yaitu menghimpun dana dan memberikan bantuan dana kepada yang membutuhkan.
Kegiatan Apsilangga
Sejak tahun 2000 Apsilangga telah membuat sebuah milis sebagai wadah komunikasi antar alumni (https://groups.yahoo.com/group/alumni_psi_unair). Apsilangga juga memiliki blog bagi para alumninya untuk menuangkan berbagai informasi terbaru terkait dengan dunia kerja yang juga terintegrasi dengan website fakultas dengan alamat https://www.psikologi.unair.ac.id/alumni. Blog tersebut berfungsi sebagai media sosialisasi kegiatan alumni, informasi data alumni, informasi lowongan kerja, informasi pelatihan dan seminar baik yang dilaksanakan oleh Apsilangga maupun oleh umum, profil alumni berprestasi, serta informasi kegiatan fakultas terutama yang melibatkan alumni.
Kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Apsilangga adalah:
- konferensi,
- seminar dan pelatihan,
- temu kangen dan family gathering,
- shared learning dengan mahasiswa,
- kegiatan akademik dan non akademik lainnya.
PENELITIAN |
Kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat dikelola oleh Fakultas Psikologi dan direncanakan dalam bentuk roadmap penelitian oleh masing-masing departemen. Informasi mengenai minat penelitian dan pengabdian masyarakat dapat dilihat pada profil masing-masing dosen di tautan berikut: https://psikologi.unair.ac.id/tentang-fakultas-2/lecturer-profile-2/.
Mengenai penelitian yang telah dilakukan dapat dilihat di tautan berikut: https://psikologi.unair.ac.id/penelitian/