Efikasi Diri dan Konformitas Teman Sebaya terhadap Perilaku Menyontek Pelajaran Matematika Siswa Kelas IX

Authors

  • Siti Shalma Fitriah
  • Daliman

Keywords:

Efikasi diri, Konformitas Teman Sebaya, Perilaku Menyontek

Abstract

ABSTRAK
Banyak orang menganggap bahwa proses penbelajaran di sekolah, semata-mata agar siswa mendapatkan nilai tinggi. Hal ini membuat siswa akhirnya melakukan hal-hal curang seperti berperilaku menyontek. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara efikasi diri dan konformitas teman sebaya dengan perilaku menyontek. Penelitian ini menggunakan kuantitatif korelasional, dengan populasi siswa kelas XI SMPN 25 Bandung. Teknik pengambilan sampel dengan cluster random sampling, pengambilan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner. Analisis data dilakukan dengan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan nilai F regresi sebesar 21,056, dengan p 0,000 < 0,05 pada R sebesar 0,552 dan varian efikasi diri dan konformitas teman sebaya dapat menjelaskan 30,49% dari varian perilaku menyontek siswa. Tidak terdapat hubungan antara efikasi diri dengan perilaku menyontek dan terdapat hubungan yang positif signifikan antara konformitas teman sebaya dengan perilaku menyontek siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh maka pihak sekolah diharapkan dapat mempertahankan bahkan meningkatkan perilaku jujur dan percaya diri siswa.

ABSTRACT
Many people assume that the learning process at school, solely so that students get high marks. This makes students end up doing fraudulent things such as cheating. The purpose of this study was to determine the relationship between self-efficacy and peer conformity with cheating behavior. This study uses correlational quantitative, with a population of class XI students at SMPN 25 Bandung. The sampling technique is cluster random sampling, data collection is done by distributing questionnaires. Data analysis was performed by multiple regression analysis. The results showed that the regression F value was 21.056, with p 0.000 <0.05 at R 0.552 and the variance of self-efficacy and peer conformity could explain 30.49% of the variants of student cheating behavior. There is no relationship between self-efficacy and cheating behavior and there is a significant positive relationship between peer conformity and student cheating behavior. Based on the research results obtained, the school is expected to be able to maintain and even improve students' honest and confident behavior.
Keywords : Self-efficacy, Peer Conformity, Cheating Behavior

Published

2023-02-08

How to Cite

Efikasi Diri dan Konformitas Teman Sebaya terhadap Perilaku Menyontek Pelajaran Matematika Siswa Kelas IX. (2023). PROCEEDING SERIES OF PSYCHOLOGY, 1(1), 235-241. https://psikologi.unair.ac.id/proceeding-series-of-psychology/index.php/psp/article/view/33