Model Layanan Inklusi Sekolah Peduli Anak Hebat (SPAH) dalam Mendukung Perkembangan Fungsional Siswa Penyandang Disabilitas

Authors

  • Normalia

Keywords:

autis, PPI, retardasi mental, SPAH

Abstract

ABSTRAK
Tujuan dari studi kasus ini untuk menggambarkan keberhasilan dari model layanan program inklusi Sekolah Peduli Anak Hebat (SPAH) yang didukung dengan PPI (Program Pembelajaran Individual) untuk 1 siswa retardasi mental dan 1 siswa autis di Talent Executive School, SMA Muhammadiyah 10 Surabaya. Dokumen PPI sebelumnya dan saat ini, wawancara guru pendidik khusus (GPK), dan observasi kelas digunakan untuk mengumpulkan data dan mengevaluasi tujuan PPI. Model layanan inklusi yang berfokus pada passion siswa, termasuk di dalamnya forum berbagi dari hati ke hati antara guru dan siswa, pembelajaran sosial dan praksis, materi e-learning, serta jadwal yang fleksibel diintegrasikan dalam manajemen pembelajaran dan pengajaran untuk mencapai tujuan dari PPI siswa penyandang disabilitas tersebut. Hasil mengindikasikan bahwa kemampuan siswa penyandang disabilitas dalam aspek keterampilan komunikasi, interaksi sosial, bina diri dan motor meningkat berdasarkan PPI mereka. Melalui analisa eksploratori, penggunaan model layanan program inklusi SPAH termasuk efektif dalam proses PPI yakni pada aspek keterampilan bina diri, komunikasi dan penyelesaian masalah akademik bagi siswa penyandang disabilitas Autis, kemudian pemecahan masalah akademik dan interaksi sosial bagi siswa penyandang disabilitas retardasi mental.

ABSTRACT
The purpose of the case study is for describing a successful of Sekolah Peduli Anak Hebat (SPAH) learning model supported IEP (Individualized Educational Program) process for a mental retarded student and an autistic student in Inclusive School, Muhammadiyah 10 Senior High School Surabaya. The old and present IEP documents, interviews with teachers, and class observations were used to collect data and evaluate the IEP goals. The SPAH learning model which focus on disability student passion, including heart to heart student sharing, societal and practical learning, e-learning material and flexible schedules were integrated in teaching management and instructions to approach children’s IEP goals. The results indicated that the percentage of disability student’s abilities in communication, social interaction, self-help and motor skills have been raised in their IEPs. Based on exploratory analysis, the use of the SPAH learning method is effective on IEP process that is self-helping, communication skill academic problem solving for autistic student, then academic problem solving and social interaction skill for mental retarded student.
Keywords: autis; IEP; mental retardation; SPAH.

Published

2023-02-08

How to Cite

Model Layanan Inklusi Sekolah Peduli Anak Hebat (SPAH) dalam Mendukung Perkembangan Fungsional Siswa Penyandang Disabilitas. (2023). PROCEEDING SERIES OF PSYCHOLOGY, 1(1), 131-147. https://psikologi.unair.ac.id/proceeding-series-of-psychology/index.php/psp/article/view/23