Tinjauan Sistematis: Respon Pengalaman Kematian Orang Tua pada Remaja Perempuan

Authors

  • Hana Dian Ramadanthi
  • Endang R. Surjaningrum

Keywords:

Kematian orang tua, respon, remaja perempuan

Abstract

ABSTRAK Kematian adalah bagian tak terpisahkan dari kehidupan. Peristiwa kematian tidak hanya melibatkan orang yang meninggal, tetapi juga mempengaruhi orang-orang terdekatnya. Kematian orang tua merupakan suatu kehilangan yang sangat besar pengaruhnya terhadap individu yang menghasilkan respon yang berbeda-beda. Tinjauan ini bertujuan untuk mendeskripsikan respon-respon dari pengalaman kematian orang tua yang dialami oleh remaja perempuan. Metodologi yang digunakan untuk menyelesaikan tinjauan ini termasuk mengidentifikasi artikel, meninjaunya untuk mengidentifikasi kutipan yang relevan, menggabungkan kutipan tersebut ke dalam tema, dan menulis diskusi yang merinci setiap tema dengan menggunakan systematic literature review. Basis data elektronik yang digunakan dalam pencarian meliputi Scopus dan SAGE. Dari hasil tinjauan literatur yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa remaja perempuan merespon kematian orang tua dengan berduka secara emosional melebihi remaja laki-laki. Perilaku internalisasi yang berfokus pada kecemasan dan depresi serta gejala PTSD yang berhubungan dengan kesedihan juga merupakan respon yang lebih besar terjadi kepada remaja perempuan.

ABSTRACT
Death is an inseparable part of life. Events of death not only involve the person who died, but also affect those closest to them. The death of a parent is a loss that has a very large impact on individuals that produces different responses. This review aims to describe the responses of the experience of parental death experienced by adolescent girls. The methodology used to complete included identifying articles, reviewing them to identify relevant citations, incorporating citations into themes, and writing discussions detailing each theme using a systematic literature review. Electronic databases used in the search include Scopus and SAGE. From the results of the literature conducted, it can be said that adolescent girls respond to the death of their parents with emotional emails more than boys. Internalizing behaviors that focus on anxiety and depression as well as PTSD symptoms related to thoughts are also a greater response in adolescent girls.
Keywords: Parental death, respond, adolescent girls

Published

2023-02-08

How to Cite

Tinjauan Sistematis: Respon Pengalaman Kematian Orang Tua pada Remaja Perempuan. (2023). PROCEEDING SERIES OF PSYCHOLOGY, 1(1), 105-113. https://psikologi.unair.ac.id/proceeding-series-of-psychology/index.php/psp/article/view/20