Fakultas Psikologi Universitas Airlangga

cropped-favicon-webpsiko-2022-1.png

Integrity Zone Areas

Manajemen Perubahan

Tujuan

Mengubah secara sistematis dan konsisten mekanisme kerja, pola pikir (mind set), serta budaya kerja
(culture set) individu pada unit kerja yang dibangun, menjadi lebih baik sesuai dengan tujuan dan sasaran
pembangunan Zona Integritas.

Target Yang Ingin Dicapai

  1. Meningkatnya komitmen seluruh jajaran pimpinan dan pegawai unit kerja dalam membangun Zona Integritas menuju WBK/WBBM;
  2. Terjadinya perubahan pola pikir dan budaya kerja pada unit kerja yang diusulkan sebagai Zona Integritas menuju WBK/WBBM; dan
  3. Menurunnya risiko kegagalan yang disebabkan kemungkinan timbulnya resistensi terhadap perubahan.

Cara Mencapai

Mempertanggungjawabkan seluruh kegiatan yang sudah dilakukan dan menuangkannya dalam dokumen/data dukung yang dapat diakses masyarakat.

Penataan Tata Laksana

Tujuan

Meningkatkan efisiensi dan efektivitas sistem, proses, dan prosedur kerja yang jelas, efektif, efisien, dan terukur pada Zona Integritas Menuju WBK/WBBM.

Target Yang Ingin Dicapai

  1. Meningkatnya penggunaan teknologi informasi dalam proses penyelenggaraan manajemen pemerintahan di Zona Integritas menuju WBK/WBBM;
  2. Meningkatnya efisiensi dan efektivitas proses manajemen pemerintahan di Zona Integritas menujuWBK/WBBM; dan
  3. Meningkatnya kinerja di Zona Integritas menuju WBK/WBBM.

Cara Mencapai

Mempertanggungjawabkan seluruh kegiatan yang sudah dilakukan dan menuangkannya dalam dokumen/data dukung yang dapat diakses masyarakat.

Penataan SDM Aparatur

Tujuan

Meningkatkan profesionalisme SDM aparatur pada Zona Integritas menuju WBK/WBBM.

Target Yang Ingin Dicapai

  1. Meningkatnya ketaatan terhadap pengelolaan SDM aparatur pada masing-masing Zona Integritas menuju WBK/WBBM;
  2. Meningkatnya transparansi dan akuntabilitas pengelolaan SDM aparatur pada masing-masing masing Zona Integritas menuju WBK/WBBM;
  3. Meningkatnya disiplin SDM aparatur pada masing-masing masing Zona Integritas menuju WBK/WBBM;
  4. Meningkatnya efektivitas manajemen SDM aparatur pada Zona Integritas menuju WBK/WBBM; dan
  5. Meningkatnya profesionalisme SDM aparatur pada Zona Integritas menuju WBK/WBBM

Cara Mencapai

Mempertanggungjawabkan seluruh kegiatan yang sudah dilakukan dan menuangkannya dalam dokumen/data dukung yang dapat diakses masyarakat.

Penguatan Akuntabilitas

Tujuan

Meningkatkan kapasitas dan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah.

Target Yang Ingin Dicapai

  1. Meningkatnya kinerja instansi pemerintah;
  2. Meningkatnya akuntabilitas instansi pemerintah.

Cara Mencapai

Mempertanggungjawabkan seluruh kegiatan yang sudah dilakukan dan menuangkannya dalam dokumen/data dukung yang dapat diakses masyarakat.

Penguatan Pengawasan

Tujuan

Meningkatkan penyelenggaraan pemerintahan yang bersih dan bebas KKN pada Unit Kerja menuju WBK/WBBM.

Target Yang Ingin Dicapai

  1. Meningkatnya kepatuhan terhadap pengelolaan keuangan negara pada Unit Kerja menuju WBK/WBBM;
  2. Meningkatnya efektivitas pengelolaan keuangan negara pada Unit Kerja menuju WBK/WBBM;
  3. Menurunnya tingkat penyalahgunaan wewenang pada Unit Kerja menuju WBK/WBBM.

Cara Mencapai

  1. Pengendalian Gratifikasi.
  2. Penerapan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP).
  3. Pengaduan Masyarakat.
  4. Whistle-Blowing System.
  5. Penanganan Benturan Kepentingan.

Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik

Tujuan

Meningkatkan kualitas pelayanan publik pada masing-masing kementerian/lembaga/pemerintah daerah sesuai kebutuhan dan harapan masyarakat.

Target Yang Ingin Dicapai

  1. Meningkatnya kualitas pelayanan publik (lebih cepat, lebih murah, lebih aman, dan lebih mudah dijangkau) pada kementerian/lembaga/pemerintah daerah;
  2. Meningkatnya jumlah unit pelayanan yang memperoleh standardisasi pelayanan internasional pada kementerian/lembaga/pemerintah daerah;
  3. Meningkatnya indeks kepuasan masyarakat terhadap penyelenggaraan pelayanan publik oleh masing-masing kementerian/lembaga/pemerintah daerah.

Cara Mencapai

Mempertanggungjawabkan seluruh kegiatan yang sudah dilakukan dan menuangkannya dalam dokumen/data dukung yang dapat diakses masyarakat.