BEM KM Psikologi Universitas Airlangga adalah salah satu wadah pembelajaran yang nyata bagi mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Airlangga. Di dalam organisasi ini, mahasiswa didorong untuk mengembangkan diri dan berkontribusi bagi berbagai pihak mulai dari sivitas akademika Universitas Airlangga hingga masyarakat. Lingkungan di dalam organisasi sendiri sangat dinamis karena pastinya mengikuti perkembangan zaman sehingga diperlukan adanya kompetensi yang baik dalam menghadapi hal dinamis tersebut, apalagi setelah lulus dari perguruan tinggi pastinya mereka juga akan berhadapan dengan dunia karier yang juga menuntut keterampilan dan kesiapan yang tinggi.
Untuk menunjang kompetensi pengurus BEM KM Psikologi Universitas Airlangga, Badan Pengembangan dan Penjaminan Mutu Organisasi melaksanakan kegiatan Staff Training and Development (STAND). Program ini bertujuan untuk membekali seluruh anggota BEM KM Psikologi Universitas Airlangga dengan keterampilan yang relevan agar mereka siap menghadapi tantangan di dalam organisasi serta dunia profesional setelah lulus. Selain itu, output yang didapatkan bagi program kerja dari setiap Departemen, Biro, atau Badan yang ada di BEM KM Fakultas Psikologi Universitas Airlangga akan lebih maksimal.
STAND sendiri akan dilaksanakan pada rentang bulan April hingga bulan September tahun 2025. Sebelum melaksanakan STAND, BPPMO melakukan Training Need Analysis (TNA) untuk memahami kebutuhan setiap Departemen, Biro, atau Badan dalam BEM KM Psikologi Universitas Airlangga. Proses ini dilakukan untuk mengidentifikasi keterampilan dan kompetensi apa yang masih perlu dikembangkan dan sangat dibutuhkan oleh anggota. Dari hasil TNA ini, BPPMO akan menentukan jumlah dan jenis STAND yang akan diadakan sehingga materi yang diberikan dapat lebih tepat sasaran dan sesuai dengan kebutuhan masing-masing bagian dalam organisasi. Dengan begitu, pelaksanaan STAND menjadi lebih efektif dalam meningkatkan kompetensi anggota secara menyeluruh. Program STAND ini juga sejalan dengan Sustainable Development Goals (SDGs) poin 4, yaitu Pendidikan Berkualitas.
Melalui pelatihan ini, akses pembelajaran yang inklusif, berkualitas, dan merata akan didapatkan oleh seluruh anggota. Untuk memastikan efektivitas program STAND, BPPMO menetapkan beberapa indikator kuantitatif sebagai acuan. Setiap sesi STAND dirancang agar dihadiri oleh minimal 5 orang anggota sehingga tercipta interaksi optimal dalam setiap proses pembelajaran. Selain itu, setiap Departemen, Biro, atau Badan diharapkan mengikuti pelatihan setidaknya satu kali dalam periode yang telah ditentukan sehingga pengembangan keterampilan dapat dilakukan secara merata. Evaluasi program pun dilakukan melalui formulir penilaian dengan target rata-rata skor minimal 3 yang berfungsi sebagai tolok ukur keberhasilan kegiatan.