Terdapat tiga tahap pengaderan yang dilaksanakan dalam penerimaan mahasiswa baru tahun 2022, salah satunya Tahap Pembinaan yang merupakan tahap kedua Pengaderan. Tahap Pembinaan tersebut bertujuan agar mahasiswa baru dapat beradaptasi dengan baik di lingkungan kampus maupun dengan orang di sekitarnya serta mengembangkan sikap adaptif dan karakter mahasiswa baru dalam lingkungan kehidupan kampus serta membentuk dan membangun dinamika angkatan. Pada tahun 2022, Psycho Experientia Day bertemakan Psycho Actualization.

Dalam pelaksanaannya, Tahap Pembinaan dilakukan selama empat minggu, yaitu pada tanggal 3, 10, 17, dan 24 September 2022 yang terdiri dari Pra-PXD, PXD 1, PXD 2, hingga PXD 3. Pada setiap harinya terdapat beragam materi yang telah dikonsepkan oleh Steering Committee. Setiap hari pelaksanaan PXD dimulai dengan kegiatan Pusreng, yaitu kegiatan untuk sarapan bersama sebelum memasuki materi. Kegiatan ini dilakukan di belakang perpustakaan kampus B dengan dipandu oleh MC dan ditemani oleh Fastor setelah para maba melakukan registrasi dan presensi.

Kegiatan Pusreng di belakang perpustakaan kampus B

Pada hari pertama atau Pra-PXD diisi dengan perkenalan panitia, kemudian dilanjutkan dengan materi STATIK, yaitu sebuah talkshow dengan Duta Psikologi yang menjelaskan mengenai UNAIR HEBAT dan SMART. Selanjutnya pada PXD 1, terdapat materi Snack It Out di mana para maba diberi tugas untuk membawa snack kemudian dibagi sesuai dengan kelompok snack yang sudah ditentukan. Nantinya maba diberi kuis, kemudian kelompok yang menang akan menjadi non-tahanan yang akan membebaskan tahanan atau kelompok yang kalah pada kuis sebelumnya. Pembebasannya dilakukan dengan menyebutkan nama dan asal tahanan agar saling mengenal satu sama lain dalam satu angkatan. Selain itu, ada materi kedua, yaitu Cerutu atau Cerita untuk Kamu. Materi ini dilakukan dengan kelompok PXD masing-masing dan dipandu oleh moderator di mana di dalam kelompok tersebut maba diminta untuk menceritakan pencapaian-pencapaiannya. Tujuan materi kedua tersebut adalah untuk membangun self-esteem pada diri maba.

Suasana pada pelaksanaan Materi Cerita untuk Kamu (Cerutu)

Kemudian, pada hari ketiga atau PXD 2, materi yang diberikan adalah BBM atau Belajar Bareng Maslow! yang merupakan kegiatan kelompok belajar bersama dengan kajian Aliran Psikologi Humanistik yang dikemukakan oleh Abraham Maslow. Setiap kelompok PXD akan dibagi ke pos pertama (Pos Needs) untuk melakukan diskusi dan menyelesaikan permasalahan yang diberikan sesuai dengan kebutuhan-kebutuhan dalam Hierarchy of Needs Maslow. Kemudian, setiap kelompok dari masing-masing pos pertama akan dibagi sama rata ke pos kedua (Pos Pyramid) untuk mengintegrasikan hasil diskusi pada pos pertama menjadi kesatuan Hierarchy of Needs yang dituangkan dalam Visual Aid. Hasil Visual Aid tersebut dipresentasikan dan diberikan feedback oleh Mawapres Fakultas Psikologi Universitas Airlangga pada tahun 2022.

Pembuatan Visual Aid dalam Materi Belajar Bareng Maslow!

Lalu, terdapat dua materi di minggu terakhir atau  PXD 3, yaitu Know Yourself dan Bersatu Kita Teguh, Bercerai Kita Runtuh. Pada materi pertama, dilakukan kegiatan meditasi bagi seluruh maba yang dipimpin oleh pemateri. Setelah itu, dilaksanakan kegiatan menulis refleksi hasil dari kegiatan meditasi tersebut dan sesi sharing dengan pemateri. Pada materi kedua, terdapat jaring-jaring kubus yang disebarkan di berbagai tempat dalam lingkungan Fakultas Psikologi Universitas Airlangga. Selain itu, maba akan diberikan riddle yang harus dipecahkan. Setiap kelompok memilih satu perwakilan yang mencari jaring-jaring kubus tersebut sembari anggota kelompok lainnya memecahkan riddle. Kemudian, setiap kelompok merakit jaring-jaring kubus tersebut dan menyusun kubus tersebut hingga membentuk satu kesatuan puzzle kubus.

Tentunya di setiap minggunya maba juga diberikan penugasan yang sesuai dengan esensi dan tujuan dari pengaderan ini. Beberapa di antaranya adalah interaksi angkatan, yaitu interaksi satu sama lain dengan sesama angkatan 2022; kemudian ada interaksi KM, yaitu berinteraksi dengan kakak tingkat, dosen, dan juga staf yang ada di Fakultas Psikologi Universitas Airlangga. Tujuannya agar maba lebih mengenal lingkungan kampus dan menambah relasi untuk masa perkuliahan kedepannya. Selain itu, ada esai biografi tokoh yang bertujuan untuk lebih mengenal tokoh-tokoh di Psikologi agar memudahkan maba dalam mengerjakan tugas mata kuliah nantinya. Terdapat juga penugasan refleksi diri berdasar SMART-HEBAT agar maba dapat mengaktualisasikan dirinya menjadi mahasiswa yang berkarakter HEBAT serta menjalankan nilai SMART selama berkuliah nantinya.

Penyusunan kubus dalam Materi Bersatu Kita Teguh, Bercerai Kita Runtuh