Kemampuan membaca dan menulis anak usia dini merupakan salah satu fokus utama para orang tua selama masa perkembangan anak-anak mereka. Berkenaan dengan hal tersebut, banyak dijumpai masalah-masalah terkait perkembangan bahasa anak yang erat kaitannya dengan kemampuan membaca dan menulis. Menyikapi hal ini, Fakultas Psikologi Universitas Airlangga mengusung kegiatan pelatihan berjudul “Program Pengembangan Kompetensi Guru TK di Kabupaten Jember dalam Mengajarkan Kemampuan Membaca dan Menulis Siswa dengan Metode Jolly Phonics dan Metode Multisensori”. Guru TK dipilih karena mereka merupakan agen pendamping optimalisasi perkembangan anak setelah orang tua di rumah.

Kegiatan pelatihan dilaksanakan pada tanggal 28-29 Juli 2022 dengan melibatkan 30 guru TK di Kabupaten Jember. Kegiatan pelatihan terdiri dari rangkaian presentasi oleh ahli, role play, diskusi kelompok, hingga pre-test dan post-test untuk mengukur sejauh mana kegiatan pelatihan berdampak terhadap perubahan pengetahuan dan keterampilan para peserta pelatihan. Materi pertama tentang perkembangan bahasa pada anak usia dini dibawakan oleh Endah Mastuti, M.Si., Psikolog. Materi kedua dibawakan oleh Yustisiana Hidayati, M.Psi., Psikolog tentang penerapan metode multisensori untuk meningkatkan kemampuan menulis. Materi ketiga dibawakan oleh Citrawanti Oktavia, M.Psi., Psikolog tentang penggunaan metode Jolly Phonics untuk membaca permulaan anak usia dini.

Melalui kegiatan ini, kami berharap agar ibu-ibu guru dapat menjadi pendamping yang baik dalam optimalisasi kemampuan membaca dan menulis siswa di sekolah. Selain itu, kami berharap agar ibu-ibu dapat menyalurkan ilmu dan keterampilan yang telah didapat kepada rekan sejawat lainnya di luar pelatihan ini” ujar Herdina Indrijati, M.Psi., Psikolog selaku ketua pelaksana kegiatan pelatihan tersebut.

Dosen yang telah mengabdikan dirinya selama lebih dari 25 tahun tersebut lebih lanjut mengungkapkan bahwa kegiatan pelatihan tersebut tidak hanya untuk meningkatkan pengetahuan saja, melainkan juga meningkatkan keterampilan para guru dalam membimbing siswanya di sekolah untuk terampil membaca dan menulis dengan metode yang menyenangkan.

Kami sangat senang karena Fakultas Psikologi UNAIR mau menyempatkan waktunya untuk datang dan membagikan ilmu yang begitu berharga kepada kami di Jember. Kami tentunya akan meneruskan ilmu ini kepada rekan-rekan kami, sesama guru TK di Jember” ujar Loeloek Erryka, S.Pd selaku koordinator peserta pelatihan tersebut.

Para guru tampak begitu bersemangat selama kegiatan pelatihan berlangsung. Meski lelah, mereka mengungkapkan rasa syukurnya atas kontribusi Fakultas Psikologi UNAIR di Kabupaten Jember, utamanya untuk memberikan ilmu dan pengetahuan baru kepada para guru TK di Kabupaten Jember.

Oleh: Rhajiv Nur Ilham, S.Psi.