Menumbuhkan Watak Wirausaha Sosial pada Anak Sejak Dini : Apa yang dapat Dilakukan Orangtua – Guru

Authors

  • Triana Noor Edwina Dewayani Soeharto
  • Arita Witanti
  • Domnina Rani Puna Rengganis

Keywords:

wirausaha, sosial, anak, dini

Abstract

ABSTRAK
Konsep wirausaha sosial diperlukan untuk menumbuhkan kreativitas dan kemandirian di lingkungan masyarakat terutama pasca pandemi ini. Watak wira usaha sosial perlu ditumbuhkan pada anak sejak dini. Pembentukan watak wirausaha sosial sangat dibutuhkan pada anak sejak dini dengan metode pembelajaran yang sesuai melibatkan orangtua dan guru. Tujuan penelitian adalah ingin mengetahui metode pembelajaran yang dapat dilakukan orangtua dan guru untuk menumbuhkan watak wirausaha sosial pada anak sejak dini. Metode penelitian yang digunakan adalah literatur review, dilakukan melalui pencarian dan pengumpulan referensi teori dilanjutkan dengan menganalisisnya. Ada 6 studi terdahulu yang mendeskripsikan pembentukan watak wirausaha sosial pada anak sejak dini dengan metode pembelajaran yang melibatkan orangtua dan guru. Penelitian ini menemukan bahwa metode pembelajaran yang sesuai melibatkan orangtua melalui pendidikan dalam keluarga dan pembelajaran di sekolah oleh guru dengan membangun budaya wirausaha sosial sejak dini. Hasil penelitian dapat diterapkan sebagai media pembelajaran wirausaha sosial pada anak sejak dini.

ABSTRACT
The concept of social entrepreneurship is needed to foster creativity and independence in the community, especially after this pandemic. The character of a social enterprise entrepreneur needs to be nurtured in children from an early age. The formation of social entrepreneurial character is very much needed in children from an early age with appropriate learning methods involving parents and teachers. The purpose of the study was to find out the learning methods that parents and teachers could use to cultivate the character of social entrepreneurship in children from an early age. The research method used is a literature review, carried out through searching and collecting theoretical references followed by analyzing them. There are 10 previous studies that describe the formation of social entrepreneurial character in children from an early age with learning methods that involve parents and teachers. This study found that appropriate learning methods involve parents through family education and school learning by teachers by building a culture of social entrepreneurship from an early age. The results of the study can be applied as a medium for learning social entrepreneurship in children from an early age.
Keywords: social, entrepreneurship, children, an early age

Published

2023-02-08

How to Cite

Menumbuhkan Watak Wirausaha Sosial pada Anak Sejak Dini : Apa yang dapat Dilakukan Orangtua – Guru. (2023). PROCEEDING SERIES OF PSYCHOLOGY, 1(1), 247-255. https://psikologi.unair.ac.id/proceeding-series-of-psychology/index.php/psp/article/view/35