Tinjauan Literatur: Mekanisme Koping Remaja yang Berduka Akibat Kematian Orangtua

Authors

  • Gabrillah Mullah Sandra
  • Endang Retno Surjaningrum

Keywords:

kedukaan, kehilangan, kematian orangtua, mekanisme koping, remaja

Abstract

ABSTRAK
Kematian orang tua pada periode usia remaja adalah kejadian yang sangat sulit untuk diatasi dan dikhawatirkan akan mempengaruhi perkembangan mereka. Pada masa pandemi Covid-19, angka remaja yang kehilangan orang tuanya cukup tinggi sehingga penelitian untuk memahami mekanisme koping mereka penting untuk dilakukan. Tujuan dari studi literatur ini untuk mengungkap bagaimana mekanisme koping remaja yang berduka akibat kematian orang tua. Jurnal yang digunakan untuk studi literatur ini yaitu dari SAGE, ProQuest, dan GARUDA yang dibatasi untuk publikasi tahun 2016-2021. Pencarian awal menemukan sebanyak 141 jurnal yang kemudian diseleksi dengan menerapkan kriteria inklusi dan eksklusi sehingga didapatkan 5 jurnal, dimana 4 diantaranya adalah penelitian kualitatif dan 1 sisanya adalah kuantitatif. Berdasarkan review, terdapat beragam mekanisme koping yang dilakukan remaja yang berduka, baik koping positif maupun maladaptif. Mengetahui berbagai mekanisme koping pada remaja yang berduka akan dapat membantu dengan dijadikan dasar dalam pembuatan program terapi remaja maupun keluarga untuk membantu remaja menghadapi kedukaannya.

ABSTRACT
Parental bereavement in adolescents is a very difficult event to cope and is feared to negatively affect their development. During Covid-19 pandemic, the number of adolescents who have lost their parents is quite high, so a study to understand their coping mechanisms is of great significance. The aim of this literature study is to reveal coping mechanisms of parent-bereaved adolescents. The journals used were taken from SAGE, ProQuest, and GARUDA which were limited to publication between 2016-2021. The initial search found 141 journals which were then selected by applying inclusion and exclusion criteria to obtain 5 journals; 4 of them are qualitative studies and 1 is a quantitative cross-sectional study. Based on the review, there are various coping mechanisms used by grieving adolescents, both positive and maladaptive coping. Knowing the various coping mechanisms can be used as the basis for making adolescent and family therapy programs to help adolescents deal with their grief.
Keywords: adolescence, bereavement, coping mechanism, grief, parental death

Published

2023-02-08

How to Cite

Tinjauan Literatur: Mekanisme Koping Remaja yang Berduka Akibat Kematian Orangtua. (2023). PROCEEDING SERIES OF PSYCHOLOGY, 1(1), 71-87. https://psikologi.unair.ac.id/proceeding-series-of-psychology/index.php/psp/article/view/17