Peran Psychological Well-Being terhadap Personal Growth Initiative pada Mahasiswa yang Sedang Menyusun Skripsi
Keywords:
mahasiswa tingkat akhir, personal growth initiative, psychological well-beingAbstract
ABSTRAK
Mahasiswa rentan mengalami berbagai permasalahan psikologis dalam proses menyelesaikan skripsi. Oleh karena itu, dibutuhkan inisiatif dari mahasiswa untuk melakukan perubahan secara sengaja demi pengembangan pribadinya, yang dikenal dengan sebutan personal growth initiative. Salah satu faktor yang dapat memengaruhi personal growth initiative yaitu psychological well-being. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh psychological well-being terhadap personal growth initiative. Partisipan yang digunakan adalah 265 mahasiswa yang sedang menyusun skripsi di Universitas Muhammadiyah Jember berdasarkan teknik cluster random sampling. Penelitian ini menggunakan alat ukur modifikasi dari Scale of Psychological Well-Being (Savitri & Listiyandini, 2017) dan Personal Growth Initiative-II (Amir, 2017). Analisis regresi linier sederhana digunakan sebagai analisa data dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa psychological well-being memiliki pengaruh positif terhadap personal growth initiative pada mahasiswa yang sedang menyusun skripsi di Universitas Muhammadiyah Jember (F=63,409; P<0,05) dengan kontribusi sebesar 19,4%, sedangkan 80,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
ABSTRACT
Students are vulnerable to various psychological problems in the process of completing the thesis. Therefore, it takes initiative from students to make changes intentionally for their personal development, which is known as the personal growth initiative. One of the factors that can influence personal growth initiative is psychological well-being. The purpose of this study was to determine the effect of psychological well-being on the personal growth initiative. The subjects used were 265 students who were completing a thesis at the Muhammadiyah University of Jember based on cluster random sampling technique. The study uses a modified measuring instrument from the Scale of Psychological Well-Being (Savitri & Listiyandini, 2017) and Personal Growth Initiative-II (Amir, 2017). Simple linear regression analysis was used as data analysis in this study. The results showed that psychological well-being has a positive influence on the personal growth initiative (F=63,409; P<0.05) with a contribution of 19.4%.
Keywords: final grade students, personal growth initiative, psychological well-being
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.