Fakultas Psikologi Universitas Airlangga

Smiles in Harmony: Atmalexia's Dedication to Mental Health as a Fundamental Right

Departemen Pengmas BEM KM Fakultas Psikologi Universitas Airlangga mengadakan “Atmalexia” sepanjang Oktober 2023, menyajikan aktivitas menarik untuk memperingati Hari Kesehatan Mental Dunia. Dalam rangkaian acara ini, terdapat sosialisasi melalui campaign and challenge, webinar, layanan konsultasi psikologis gratis di bilik curhat, serta kegiatan seru lainnya seperti perayaan world mental health day, dan pengunggahan video kolaborasi serta twibbon. Atmalexia bertujuan mencerahkan masyarakat mengenai Hari Kesehatan Mental Dunia, meningkatkan kepedulian terhadap kesehatan mental, membuka pembicaraan tentang kesehatan mental dalam kehidupan sehari-hari, dan memberikan platform untuk menyebarkan pengetahuan seputar kesehatan mental. Kegiatan ini juga sejalan dengan SDGs poin 3 (kehidupan sehat dan sejahtera) dan poin 10 (berkurangnya kesenjangan).

World Mental Health Day (WMHD) tahun ini, berjudul “Mental Health Is A Universal Human Right,” menegaskan hak setiap individu untuk kesehatan mental yang optimal dan menyerukan akhir stigma serta akses layanan kesehatan mental yang layak. Atmalexia mengangkat tema “Peaceful Minds: Recognizing Mental Health As A Human Right,” dengan tagline “Smiles Begin in Peaceful Minds,” untuk menyuarakan komitmen pengakuan bahwa kesehatan mental adalah hak asasi manusia yang universal. Kami percaya masyarakat dengan pikiran damai adalah hak yang harus diakui dan dihormati. Dalam mengimplementasikan tema ini, Atmalexia menghadirkan berbagai kegiatan untuk memperkuat pemahaman, pengakuan, dan dukungan terhadap hak kesehatan mental.

Babak awal Atmalexia terdiri dari Campaign & Challenge yang menjadi sorotan pada 1-10 Oktober 2023. Kolaborasi dengan Aksi Kastra dari Departemen Kajian Isu Strategis menghasilkan Campaign & Challenge I dengan tema “Self-Appreciation”. Acara offline di CFD Taman Bungkul Surabaya dan kampanye online di akun Instagram @pengmaspsiunair menyajikan psikoedukasi tentang “Self-Appreciation” dan challenge online berjudul “6 Things That Makes Me Happy”. Pada 22-31 Oktober 2023, Campaign & Challenge II mengambil peran sebagai penutup dari Atmalexia dengan mengusung tema “It’s Okay to Not Be Okay”. Melalui keceriaan acara offline di UPTD Kampung Anak Negeri dan kampanye online, kami menyampaikan psikoedukasi mengenai “It’s Okay to Not Be Okay” serta mengajak partisipan untuk mengikuti tantangan “Self-Care Versi Aku”.

Perayaan hari kesehatan mental di Fakultas Psikologi Universitas Airlangga pada tahun ini terasa sangat spesial dan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Pada 10 Oktober 2023, kami menghadirkan video kolaborasi istimewa dengan SOSMA HIMAPSI Universitas Brawijaya dan Bapak Ilham Nur Alfian, M.Psi., Psikolog, sebagai ketua HIMPSI Jawa Timur, untuk merayakan World Mental Health Day. Twibbon khusus kami hadirkan untuk melibatkan keluarga mahasiswa dan masyarakat dalam perayaan ini. Bersama Departemen Kajian Isu Strategis (Kastra) dan Departemen Pengembangan Minat dan Bakat (Pemikat), kami merancang acara di Hotspot Kampus, mengajak teman-teman berpakaian hijau sebagai simbol penyemangat kesehatan mental dengan pita hijau dari Departemen Pengmas sebagai aksesori pelengkap. Acara beragam menarik seperti “Write Your Heart Out“, pembagian permen dan bunga mawar dengan kutipan positif, serta bingkisan untuk teman-teman yang berani membagikan kisah inspiratif. Keseruan ditambah dengan aksi cap tangan dari Departemen Kastra dan Nge-Jam Bareng KM dari Departemen Pemikat.

Adapun pada rentang waktu dari tanggal 12-14 Oktober 2023, kami menghadirkan layanan konsultasi eksklusif berjudul “Bilik Curhat.” Inilah kesempatan emas untuk merangkul dan meyakinkan setiap individu bahwa tak peduli seberapa rumit masalah atau situasi yang tengah dihadapi, kamu tidaklah sendiri. Bilik Curhat menjadi terobosan layanan konsultasi berbasis DPA (Dukungan Psikologis Awal) yang dilakukan oleh mahasiswa prodi S2 psikologi, dalam supervisi dosen atau psikolog profesional. Konsultasi tak hanya dihadirkan secara offline di Laboratorium Psikologi Universitas Airlangga, namun juga mencakup sesi online melalui platform Zoom Meeting. Dalam kurun waktu 60 menit yang intens ini, kami bersedia menjadi teman bicara yang berempati, mendengar, dan mengantarkanmu melalui setiap perjalanan emosional dengan penuh dukungan.

Langkah berikutnya, pada tanggal 15 Oktober 2023, kami mempersembahkan webinar yang bertajuk “KNOW YOUR MIND: Make Peace With Yourself and Grow in Confidence.” Dalam kesempatan ini, terdapat dua tema menarik yang akan menjadi fokus pembicaraan: “Do I Have Mental Illness or Am I Overreacting?” yang akan disampaikan oleh Ibu Dian Kartika Amelia Arbi, M. Psi., seorang Dosen Fakultas Psikologi Universitas Airlangga, dan “Why Do I Feel Like I’m Never Enough?” yang dibahas oleh Ibu Nuram Mubina, M.Psi., seorang Psikolog Klinis yang penuh pengalaman. Webinar ini menjadi bukti kolaborasi kami yang memukau bersama Forum Diskusi dari Departemen Kastra dan Airlangga Safe Space (ASAP).

Terima kasih mendalam kami sampaikan kepada seluruh pihak yang telah mendukung dan meramaikan Atmalexia dalam memperingati hari kesehatan mental. Kegiatan ini tidak hanya menciptakan momen keceriaan, tetapi juga menanamkan kesadaran mendalam akan pentingnya kesehatan mental. Semoga setiap momen ini menjadi batu loncatan untuk lebih mendalam dalam menyuarakan kesehatan mental. Harapan kami adalah agar Atmalexia selanjutnya menjadi wadah yang semakin kuat, mampu merangkul lebih banyak hati, melebur stigma, dan memberi inspirasi yang tak terbatas.


Buka Bersama Fakultas Psikologi 2024

Buka bersama sivitas akademika Fakultas Psikologi UNAIR

Ada yang baru di Psikologi nih!

Pada tanggal 7 dan 8 Maret 2024 setelah dilaksanakannya Sidang Kosma I, BLM KM Fakultas Psikologi Universitas Airlangga men…

Read More »