Fakultas Psikologi Universitas Airlangga

Psygrow: Be Yourself and Choose Your Passion

Kaderisasi cukup penting untuk dilakukan dalam menyambut mahasiswa baru untuk mempersiapkan mereka dalam memasuki dunia perkuliahan yang mungkin cukup berbeda jauh dengan dunia sekolah yang sebelumnya telah mereka lalui. Pada dasarnya, kaderisasi bertujuan untuk mengajarkan mahasiswa baru dalam beradaptasi akan perubahan tersebut melalui serangkaian kegiatan yang relevan dengan dunia perkuliahan. Kata “kaderisasi” mungkin terkadang didefinisikan sebagai suatu hal yang negatif yang mencakup perundungan maupun senioritas dalam berjalannya kegiatan tersebut. Namun, nyatanya kaderisasi memiliki arti yang lebih luas dari sekedar kedua hal tersebut yang bahkan tidak mencakup kedua hal tersebut sama sekali, terutama pada pemaknaan dan pelaksanaan kaderisasi di Fakultas Psikologi Universitas Airlangga di mana seluruh rangkaian kaderisasi tersebut berfokus sebagai suatu kegiatan dalam proses humanisasi, ‘pemanusiaan’ melalui transformasi nilai-nilai Tri Dharma Perguruan Tinggi beserta nilai-nilai penting lainnya dalam dunia perkuliahan agar dapat tertanam dengan baik pada diri mahasiswa sebelum benar-benar memasuki dunia perkuliahan.

Tahapan kaderisasi yang akan menjadi fokus pembahasan dalam artikel ini merupakan tahap pelatihan atau LKMM-TD (Latihan Kepemimpinan Manajemen Mahasiswa Tingkat Dasar) sebagai tahap terakhir dari serangkaian kaderisasi di ruang lingkup Fakultas Psikologi Universitas Airlangga. LKMM-TD yang berjalan di Fakultas Psikologi Universitas Airlangga memiliki tema tersendiri setiap tahunnya yang membedakan pelaksanaan ataupun pembawaan konsep kaderisasi antar periodenya. LKMM-TD pada tahun 2023 memiliki sub nama, yaitu “Psygrow” dengan tema “Be Yourself and Choose Your Passion”. Psygrow terdiri dari kata “psycho” yaitu singkatan dari kata psychology dan “grow” yang berarti pertumbuhan di mana mahasiswa baru diharapkan berkembang dari zona nyaman mereka di lingkungan perkuliahan yang baru. LKMM-TD mengusung tema “Be Yourself and Choose Your Passion” yang bermakna bahwa mahasiswa baru diharapkan untuk menjadi dirinya sendiri dan memilih jalannya sesuai passion mereka.

Kegiatan LKMM-TD di Fakultas Psikologi Universitas Airlangga dilatarbelakangi adanya tuntutan untuk memiliki kemampuan yang lebih dalam menghadapi dunia dewasa, seperti kepemimpinan, manajemen waktu, bekerja dalam tekanan, manajemen dana, maupun kemampuan berorganisasi lainnya. Nyatanya, hal tersebut juga berkaitan dengan kebutuhan karir di masa depan di mana rekruter juga akan lebih memilih individu yang memiliki pengalaman ekstensif, baik dalam dunia organisasi maupun dunia kerja. Oleh karena itu, dunia perkuliahan merupakan sebuah masa penuh kesempatan untuk belajar dan berkembang yang salah satunya dengan melatih kemampuan berorganisasi dan kepemimpinan melalui sarana-sarana yang disediakan berupa ormawa, BSO, kepanitiaan, komunitas, dan banyak lainnya dan didukung dengan adanya lapangan kesempatan yang sangat luas untuk pengembangan diri tersebut. Adanya LKMM-TD menjadikannya sebagai suatu bentuk kegiatan yang berusaha untuk mewujudkan pemenuhan tuntutan-tuntutan tersebut dalam belajar dan berkembang lebih jauh melalui suatu kegiatan yang berfokus dalam melatih secara langsung melalui praktik yang relevan dengan kegiatan kemahasiswaan untuk memperkenalkan maupun mempersiapkan diri sebelum terjun langsung pada kegiatan kemahasiswaan tersebut.

Serangkaian kaderisasi di Fakultas Psikologi Universitas Airlangga yang salah satunya adalah LKMM-TD tentunya dalam perwujudan tujuannya memiliki landasan yang dipegang dalam berjalannya kegiatan tersebut. Salah satu landasan yang ditanamkan dalam pelaksanaan LKMM-TD adalah berdasarkan nilai-nilai yang tertera pada Sustainable Development Goals (SDGs) sebagai suatu rencana aksi global yang disepakati oleh para pemimpin dunia, termasuk Indonesia. Pelaksanaan kegiatan LKMM-TD tersebut berfokus pada dua nilai pada SDGs, yaitu pada poin ketiga berupa good health and well being serta pada poin keempat berupa quality education.

Psychocup 2024: Psychovisma

Psychocup merupakan acara tahunan yang dilaksanakan oleh Departemen Pengembangan Minat dan Bakat (Pemikat) BEM KM Fakultas Psikologi Universitas Airlangga berupa pertandingan serta perlombaan di bidang non akademik serta akad…

Read More »

Pengajuan Keringanan UKT bagi Mahasiswa S1 Semester Akhir Tinggal Skripsi

Read More »

Workshop Parfum Pemikat Corner

Sebagai anggota BEM Departemen Pengembangan Minat dan Bakat Fakultas Psikologi Universitas Airlangga, kami selalu berusaha untuk mengembangkan potensi, minat serta bakat KM Psikologi UNAIR…

Read More »