Fakultas Psikologi Universitas Airlangga

Psikologi Mencari Bakat Sebagai Wadah Kreativitas Anak-Anak Berkebutuhan Khusus Indonesia

Pada tanggal 14 Juli hingga 7 Oktober 2023, Departemen Pengabdian Masyarakat BEM KM Fakultas Psikologi Universitas Airlangga kembali membawakan acara Psikologi Mencari Bakat 2023. Psikologi Mencari Bakat ini merupakan suatu ajang pencarian bakat yang dikhususkan untuk anak berkebutuhan khusus seluruh Indonesia yang bertujuan untuk mewadahi dan juga mengapresiasi segala keistimewaan serta bakat yang dimiliki anak berkebutuhan khusus di Indonesia. Pada PMB tahun ini mengusung tema “You’re Able to Express Yourself”, yang bermakna memotivasi ABK bahwa mereka mampu dan bebas untuk bisa menunjukkan ekspresi dan kreasi mereka walau memiliki keterbatasan. Terdapat 3 bidang seni yang dapat diikuti oleh seluruh peserta yaitu seni rupa (termasuk seni rupa digital), seni musik dan seni pertunjukan dengan rentang jenjang TK-SMA. PMB merupakan acara tahunan oleh BEM KM Fakultas Psikologi Universitas Airlangga yang sudah dilaksanakan dari beberapa tahun lalu, dan pada tahun ini seluruh rangkaian acaranya dilakukan secara online dan terbuka untuk seluruh anak berkebutuhan khusus Indonesia. Kegiatan ini selaras dengan SGDs poin 4 yaitu pendidikan berkualitas dan poin 10 yaitu inklusivitas atau berkurangnya kesenjangan.

Beberapa hal yang berbeda dari PMB tahun ini dengan sebelumnya ialah pada kategori peserta yang disederhanakan menjadi 3 kategori dan guest star dari Fakultas Psikologi. Terdapat sekitar 154 peserta yang melengkapi pendaftaran PMB 2023. Technical meeting bagi para peserta dan walinya pasca audisi dibuka oleh Dr. Nur Ainy Fardana N., M.Si., Psikolog, selaku Wakil Dekan I Fakultas Psikologi UNAIR, dilanjutkan dengan pengumpulan karya peserta dalam bentuk video melalui media digital dengan proses audisi dilaksanakan mulai dari bulan Agustus 2023 hingga acara puncak yaitu pada bulan Oktober 2023. Dalam rentang waktu tersebut terdapat beberapa acara lainnya di antaranya webinar & pengumuman peserta grand final dan acara puncak itu sendiri yaitu grand final.

Webinar & pengumuman peserta grand final diadakan pada 16 September 2023 yang berkolaborasi dengan University College Sedaya International (UCSI) Malaysia dengan mengusung tema besar yaitu “Embracing Disability to See Ability”. Kegiatan webinar yang diikuti oleh 162 peserta diisi oleh 2 narasumber yang berasal dari 2 negara yang berbeda yaitu Dr. Wiwin Hendriani, S.Psi., M.Si. dengan membawakan bahasan “Pengasuhan dalam Mengoptimalkan Pengembangan Potensi Anak berkebutuhan Khusus” dari UNAIR Indonesia, dan Mohd Sa’at Nurul Hidayah dari UCSI Malaysia, dengan membawakan bahasan “Setiap Kita Ada Potensi yang Tersimpan”. Webinar diakhiri oleh pengumuman 23 peserta dari 3 jenjang kategori dan 3 kategori bidang seni peserta yang lolos ke tahap grand final.

Rangkaian terakhir yaitu acara Grand Final yang diadakan pada hari 7 Oktober 2023 yang dilaksanakan secara online melalui Zoom dan disiarkan secara live di Youtube Fakultas Psikologi Universitas Airlangga. Acara ini dibuka dengan sambutan dari Dimas Aryo Wicaksono, S.Psi., M.Sc., Psikolog, selaku Wakil Dekan II Fakultas Psikologi UNAIR, dilanjutkan dengan pesan singkat dari Ketua BEM FPsi UNAIR, Muhammad Zulfan Akbar. PMB 2023 menghasilkan pemenang hebat yang diumumkan pada akhir acara grand final, dengan didapatkan 9 penampil terbaik, 3 penampil favorit yang dilaksanakan melalui voting di Zoom dan Youtube, dan 11 penampil harapan, dengan masing-masing pemenang terdiri dari 3 jenjang kategori dan 3 kategori bidang seni. 23 pemenang tersebut diapresiasi dengan sertifikat, plakat penghargaan, dan tunjangan pendidikan.

Sebagai penutup, kami Departemen Pengabdian Masyarakat mengucapkan terima kasih sebesar besarnya kepada seluruh pihak yang terlibat dalam acara ini mulai dari para Dosen Pembimbing PMB 2023, Panitia PMB 2023 dari KM Psikologi, dan seluruh pihak yang sudah membantu mensukseskan acara ini sehingga PMB 2023 dapat berjalan dengan lancar. Dengan berakhirnya PMB 2023 ini tentunya banyak pesan dan kesan baru yang kami dapatkan sebagai panitia mulai dari pengalaman berharga yang baru, pengetahuan baru dan juga rasa haru melihat anak-anak hebat Indonesia yang menampilkan bakatnya dengan sangat indah. Kami harapkan PMB berikutnya dapat memberikan manfaat yang lebih besar, meningkatkan semangat berkreasi, dan selalu menciptakan senyum bagi anak-anak hebat, ABK di Indonesia.

Buka Bersama Fakultas Psikologi 2024

Buka bersama sivitas akademika Fakultas Psikologi UNAIR

Ada yang baru di Psikologi nih!

Pada tanggal 7 dan 8 Maret 2024 setelah dilaksanakannya Sidang Kosma I, BLM KM Fakultas Psikologi Universitas Airlangga men…

Read More »