Kesiapan Guru Menuju Digitalisasi Pendidikan di Era Merdeka Belajar Ditinjau dari Komponen TPACK

Penulis

  • Tumafto Naufal Handifakhri Putra Mulyanto
  • Nono Hery Yoenanto

Kata Kunci:

TPACK, digitalisasi pendidikan, merdeka belajar

Abstrak

Salah satu program kerja dari Kemendikbudristek dalam kurikulum merdeka belajar adalah digitalisasi pendidikan yang mana tujuan utamanya adalah memanfaatkan perkembangan teknologi informasi dalam berbagai aspek pengajaran. Oleh karena itu, guru perlu memiliki pemahaman mendalam untuk mengintegrasikan teknologi ke dalam pembelajaran. TPACK adalah kerangka kerja dimana di dalamnya memuat integrasi antara komponen pedagogik, materi, dan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari bagaimana kondisi pemahaman guru Indonesia di tiap jenjang pendidikan akan konsep TPACK dan mempelajari bagaimana kaitannya dengan kesiapan menuju digitalisasi pendidikan. Penelitian menggunakan metode systematic review dengan teknik analisa tematik. Hasil analisa menemukan bahwa guru-guru Indonesia pada tiap jenjang memiliki kemampuan yang baik pada ketiga komponen dasar dalam TPACK yakni komponen technological knowledge (TK), pedagogical knowledge (PK), dan content knowledge (CK). Kemampuan dasar ini dapat membantu guru menuju digitalisasi pendidikan di era merdeka belajar. Meskipun begitu, masih terdapat guru yang kesulitan dalam mengintegrasikan ketiga komponen tersebut secara bersamaan dalam pembelajaran.

Referensi

Adi, P. W., Martono, T., & Sudarno, S. (2021). Pemicu Kegagalan Pada Pembelajaran Di Sekolah Selama Pandemi Di Indonesia (Suatu Studi Pustaka). Research and Development Journal of Education, 7(2), 464–473. https://doi.org/10.30998/rdje.v7i2.10568

Akhwani, A., & Rahayu, D. W. (2021). Analisis Komponen TPACK Guru SD sebagai Kerangka Kompetensi Guru Profesional di Abad 21. Jurnal Basicedu, 5(4), 1918–1925. https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V5I4.1119

Cerelia, J. J., Sitepu, A. A., & Toharudin, T. (2021). Learning Loss Akibat Pembelajaran Jarak Jauh Selama Pandemi Covid-19 di Indonesia. E-Prosiding Seminar Nasional Statistika | Departemen Statistika FMIPA Universitas Padjadjaran, 10, 27–27. https://doi.org/10.1234/PNS.V10I.91

Fajero, T., Festiawan, R., Anggraeni, D., Rilastiyo Budi, D., Pendidikan Jasmani, J., & Ilmu-Ilmu Kesehatan, F. (2021). Analisis Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) dalam Implementasi Metode Pembelajaran Daring pada Era Covid-19 di SMA Negeri se-Kota Tegal. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 7(2), 342–353. https://doi.org/10.5281/ZENODO.4914831

Fatmawati, F. (2021). HUBUNGAN PRAKTIKUM TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PRA PANDEMI DAN SELAMA PANDEMI COVID-19: POTENSI LEARNING LOSS. Biopedagogia, 3(2), 96–113. https://doi.org/10.35334/BIOPEDAGOGIA.V3I2.2332

Hanafiah, H., Sauri, R. S., Mulyadi, D., & Arifudin, O. (2022). Penanggulangan Dampak Learning Loss dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran pada Sekolah Menengah Atas. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6), 1816–1823. https://doi.org/10.54371/JIIP.V5I6.642

Imania, S., Anugerahwati, M., & Tresnadewi, S. (2022). Unpacking EFL Teachers’ TPACK thru the Distance Education. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 7(2), 51–60. https://doi.org/10.17977/JPTPP.V7I2.15188

Koehler, M., Koehler, M., & Mishra, P. (2009). What is Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK)? Contemporary Issues in Technology and Teacher Education, 9(1), 60–70.

Natalia, K., Wayan Sukraini, N., & Sukraini, N. (2021). Pendekatan Konsep Merdeka Belajar dalam Pendidikan Era Digital. Prosiding Seminar Nasional IAHN-TP Palangka Raya, 3, 22–34. https://doi.org/10.33363/SN.V0I3.93

Rajib, M., Puspita Sari, A., Negeri, S., Polewali Mandar, K., & Barat, S. (2022). Potensi Learning Loss di SMA Negeri 4 Polewali Selama Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19. BIOMA: Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 4(1), 40–48. https://doi.org/10.31605/BIOMA.V4I1.1592

Rhamdan, D., Kule, A., & Wahid, S. (2021). Analisis Pemanfaatan e-Learning di Masa Pandemi (Studi Kepustakaan: Learning Loss pada Peserta Didik). Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(2), 432–446. https://doi.org/10.47668/PKWU.V9I2.263

Rochaendi, E., Wahyudi, A., & Perdana, R. (2021). Kompetensi Teknologi, Pedagogi, dan Konten Guru SD Negeri dan Swasta di Kota Cimahi, Jawa Barat. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 6(1), 1–7.

Suyamto, J., Masykuri, M., Kunci, K., Pembelajaran, P., Sma, G., & Peredaran Darah, S. (2020). ANALISIS KEMAMPUAN TPACK (TECHNOLGICAL, PEDAGOGICAL, AND CONTENT, KNOWLEDGE) GURU BIOLOGI SMA DALAM MENYUSUN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 9(1), 44–53. https://doi.org/10.20961/INKUIRI.V9I1.41381

Walidaian, S. N., Wendari, W., & Yahya, F. (2021). ANALISIS KOMPETENSI Technology Pedagogy and Content Knowledge (TPACK) GURU SMP PLUS AISYAH SAMAWA. Indonesian Journal of Teacher Education, 2(4), 322–328. https://journal.publication-center.com/index.php/ijte/article/view/1240

Wijayanto, B., Wilis, R., Novio, R., Hamka, J., Tawar Padang, A., & Barat, S. (2018). Analisis Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) Guru Geografi di Kabupaten Solok, Sumatera Barat. JURNAL GEOGRAFI, 10(2), 105–116. https://doi.org/10.24114/JG.V10I2.9070

Wuryaningtyas, E. T., & Setyaningsih. (2020). Urgensi Pengembangan TPACK bagi Guru Bahasa Indonesia. BAHASTRA, 40(2), 134–144.

Unduhan

Diterbitkan

13-02-2023

Terbitan

Bagian

Articles

Cara Mengutip

Kesiapan Guru Menuju Digitalisasi Pendidikan di Era Merdeka Belajar Ditinjau dari Komponen TPACK. (2023). PROCEEDING SERIES OF PSYCHOLOGY, 1(1), 281-289. https://psikologi.unair.ac.id/proceeding-series-of-psychology/index.php/psp/article/view/48