Fakultas Psikologi Universitas Airlangga

Pre Arpub Nge-Jam Bareng KM

Tingginya minat KM untuk bernyanyi dan bermusik, mendorong Departemen Pengembangan Minat dan Bakat untuk mengembangkan program kerja Nge-Jam Bareng KM. Nge-Jam Bareng KM adalah salah satu program kerja Departemen Pengembangan Minat dan Bakat BEM KM Psikologi Universitas Airlangga. Tujuannya adalah menjadi wadah untuk menghibur, memfasilitasi, dan memberi kesempatan untuk KM Fakultas Psikologi Universitas Airlangga mengekspresikan diri dan menunjukkan bakatnya terutama di bidang musik. Kegiatan utama dari program ini adalah penampilan musik dari KM Psikologi UNAIR. Program kerja ini akan dilaksanakan sebanyak 2 kali, yaitu pada bulan April dan Oktober secara luring, dengan tema yang berbeda. Untuk Nge-Jam Bareng KM di bulan April, Pemikat mengusung tema “Bitterness of Life”, sementara pada bulan Oktober akan dilaksanakan Nge-Jam Bareng KM dengan tema “Embrace The Sweetness of Life”. Kedua konsep ini dibayangkan dapat saling berkesinambungan, membentuk suatu tema yang utuh sembari melambangkan manis-pahitnya kehidupan.

Dengan tema “Bitterness of Life”, KM Psikologi diajak untuk mengapresiasi diri karena telah melalui berbagai kejadian pahit di kehidupannya diiringi dengan lagu-lagu bermakna sedih dan melankolis. Nge-Jam Bareng KM April 2024, akan dilaksanakan secara luring di Koperasi Fakultas Psikologi Universitas Airlangga (Hotspot) pada 25 April 2024 pukul 17.00 WIB. Memenuhi visi “Dari KM, oleh KM dan untuk KM”, penampilan yang dilakukan berpusat pada para mahasiswa fakultas psikologi yang tampil baik secara individu maupun kelompok. Diharapkan bahwa Nge-Jam Bareng KM berlangsung meriah dan mampu menarik KM Psikologi UNAIR untuk datang, menyanyi dan bersenang-senang  atau bersedih bersama.

            Untuk menyeimbangkan keseluruhan konsep dan tema dari Nge-Jam Bareng KM, Pemikat menyiapkan tema “Embrace the Sweetness of Life”. Setelah diajak bersedih dan merenung bersama di bulan April, KM Psikologi kemudian diajak merayakan kehidupan yang manis dan penuh warna. Fokus dari penyelenggaraan kedua ini tetap sama, hanya saja output yang diharapkan adalah rasa euforia dan syukur yang besar. Kegiatan ini nantinya akan dilaksanakan bersamaan dengan World Mental Health Day dengan kerja sama antara Departemen Pemikat, Pengmas dan Kastra. Pemikat berencana membuat Nge-Jam yang lebih seru dan menarik dengan melibatkan BSO Teater Boneka sebagai partner dan penampil yang menyelingi berbagai nyanyian yang ada.

Besar harapannya bahwa Nge-Jam Bareng KM dapat benar-benar menjadi wadah perayaan yang menghibur bagi KM Psikologi. Dengan adanya kegiatan ini, KM juga diharapkan untuk membangun relasi yang baik, sebuah sense of belonging sebagai Keluarga Mahasiswa di antara lantunan lagu yang indah. Dari KM, oleh KM dan untuk KM. Selain itu, sesuai dengan hubungannya dengan SDGs (Sustainable Development Goals) ke 17, yaitu Partnership for The Goals, Nge-Jam Bareng KM diharapkan menjadi proker perwujudan dari SDGs ini. Hal ini, Pemikat wujudkan dengan adanya kolaborasi dengan komunitas/BSO serta departemen lain untuk membuat acara yang memiliki rangkaian penampilan yang menarik dan mendapatkan banyak audiens.

BSO Insight: Waktu Insight Berproses

Mahasiswa sebagai bagian dari masyarakat yang mempunyai kesadaran intelektual penuh diharapkan dapat memiliki pengetahuan akademik, kemampuan berpikir kritis, kemampuan berkomunikasi, serta kemampuan lainnya yang dapat menunj…

Read More »

Insight Digital Magazine 2024

Di era digital dengan kemajuan teknologi dan informasi seperti sekarang ini, kemudahan penyebaran informasi menjadi sangat cepat. Informasi menjadi bagian penting dari komunikasi dan sangat diperlukan untuk semua kalangan, kh…

Read More »