Fakultas Psikologi Universitas Airlangga

Open House Fakultas Psikologi UNAIR 2021: Mengenal Lebih Dekat Lima Prodi Psikologi di UNAIR

Situasi pandemi Covid-19 tidak menghalangi Fakultas Psikologi Universitas Airlangga untuk mengadakan open house untuk mengenalkan berbagai program studi (prodi) yang ada pada masyarakat. Acara open house dilaksanakan pada hari Sabtu, 27 Februari 2021, melalui ruang virtual Zoom dan disiarkan langsung melalui YouTube Channel Fakultas Psikologi UNAIR.

Selama satu hari, dari pukul 9 pagi hingga 4 sore, para narasumber yang terdiri dari Koordinator Program Studi, mahasiswa, dan alumni berbagi informasi dan kesan pesan mengenai proses studi di program studi Sarjana Psikologi, Magister Psikologi Profesi, Magister Psikologi, Magister Psikologi Terapan, dan Doktor Psikologi.

Pada sesi pertama, Koordinator Prodi Sarjana Psikologi, Atika Dian Ariana, S.Psi., M.Sc., menjelaskan tentang proses perkuliahan di Prodi S1 Psikologi, termasuk International Undergraduate Program. Salah satu narasumber sesi ini, Sabrina Puspa Gassany, S.Psi., rela bergabung live jam 4 pagi dari Hungaria, untuk menyampaikan testimoninya tentang Prodi Sarjana Psikologi. “Saya merasa flashback melihat semua materi yang telah disebutkan pagi hari ini, dan memang yang sudah diutarakan itu betul adanya, bahwa segala macam program yang ada di Fakultas Psikologi ini sangat membantu sekali, baik dari segi personal development, secara akademis dan juga non akademis. Overall, saya tidak pernah menyesal untuk masuk ke Fakultas Psikologi”, tutur Sabrina, MA Candidate in Human Resource Counselling, University of Pecs, Hungary. Turut pula dalam sesi sharing ini, Rosyta Nur Azizah, S.Psi., lulusan terbaik Prodi S1 Psikologi UNAIR, Mochammad Marvellharsyah A.F., mahasiswa International Undergraduate Program Psikologi UNAIR, dan Fahrizky Syah N., Ketua BEM KM Fakultas Psikologi UNAIR.

Koordinator Prodi S1 Psikologi, bersama narasumber, MC, dan peserta open house Prodi S1 Psikologi

Setelah sesi pertama, open house dilanjutkan oleh prodi Magister Psikologi Profesi. Koordinator prodi, Dr. Ike Herdiana, M.Psi., Psikolog, antara lain memaparkan tentang syarat-syarat pendaftaran yang seringkali ditanyakan oleh calon mahasiswa, kuota penerimaan mahasiswa baru, dan jadwal perkuliahan. Pada sesi ini, AKP Yuliana Ratih Damayanti, M.Psi., Psikolog, alumni yang bekerja sebagai Psikolog Polda Jatim, menjelaskan posisi dan berbagai peran psikologi di kepolisian, sementara Alto Kusumo Yondrian, mahasiswa aktif mayoring Psikologi Klinis angkatan 2019, berbagi pengalaman tentang perkuliahan di masa pandemi. “Ketika kita menulis surat motivasi (saat mendaftar), itu bisa digunakan sebagai waktu untuk merefleksikan diri, sebenarnya apa sih yang saya harapkan dengan mendapatkan kompetensi sebagai psikolog”, pesan Alto bagi para calon mahasiswa. Narasumber lainnya dalam sesi ini yaitu Novia Putri Anggraini, M.Psi., Psikolog, alumni mayoring PIO yang bekerja sebagai asesor di PT. Bhanda Ghara Reksa Persero dan BGR Logistics BUMN.

Sharing AKP Yuliana Ratih D., M.Psi., Psikolog dalam open house Prodi Magister Psikologi Profesi

Sesi selanjutnya adalah sesi prodi Magister Psikologi. Dr. Nono Hery Yoenanto, S.Psi., M.Pd., Koordinator Prodi Magister Psikologi, memaparkan antara lain tentang proses perkuliahan, profil lulusan, dan persyaratan mahasiswa baru. Prodi Magister Psikologi  memiliki 2 peminatan, yaitu Pendidikan dan Komunitas. Bany Bacan Hacantya Y., S.Psi, M.Si, praktisi community development, alumni Magister Psikologi dari peminatan Komunitas, menuturkan bahwa kuliah di prodi ini tidak sekedar teori tapi juga praktek langsung di lapangan. “Saya banyak menemukan “aha” moment waktu kuliah karena dulu ketika sudah bekerja, oh ternyata ada lho dasar ilmunya. Ternyata dulu saya pernah kerjakan tapi saya tidak tahu dasar ilmunya dan ternyata itu banyak dibahas ketika kuliah” tuturnya. Turut pula dalam sesi sharing ini, Shahzad Ali, BS.Hons.Psychology, mahasiswa beasiswa ADS dari Pakistan dan Tania Nurmalita, S.T., M.Si., guru konseling SMAN 3 Sidoarjo.

Koordinator prodi, narasumber dan peserta open house Prodi Magister Psikologi

Setelah break 1 jam, acara open house dilanjutkan oleh prodi Magister Psikologi Terapan. Koordinator Prodi Magister Psikologi Terapan, Prof. Dr. Cholichul Hadi, Psikolog, memulai sesi dengan memaparkan informasi prodi, struktur kurikulum, perkuliahan, pengajar, dan penerimaan mahasiswa baru. Kemudian diikuti bincang-bincang dengan alumni yang dipandu oleh salah satu dosen, Dimas Aryo Wicaksono, S.Psi., M.Sc. Mengenai prodi ini, Rovien Aryunia, S.Pd., M.M., M.PPO., alumni yang merupakan Head of Human Resources PT. Megasurya Mas menuturkan “Kuliah ini didesain perubahan dan pengembangan organisasi. Perubahan itu menyentuh tiga hal: sistem, tools, dan people. Di MPPO ini ketika melakukan perubahan, yang dikuatin adalah people-nya, karena people ini yang menggerakkan perubahan itu sendiri”. Sesi bincang-bincang ini dihadiri dua narasumber lain yang juga alumni dari prodi ini, yaitu Ikhsan Abadi, S.Psi., M.PPO, Kepala Subbagian Umum dan Kepatuhan Internal, KPP Pratama Kolaka, Direktorat Jenderal Pajak dan Kuwat Riyanto, S.T., M.PPO, Production and Operation Asst. Manager, Pertamina EP.

Alumni dan moderator sesi sharing pada open house Prodi Magister Psikologi Terapan

Sesi terakhir diisi oleh prodi Doktor Psikologi. Dr. Fitri Andriani, S.Psi., M.Si., Psikolog, selaku Koordinator Prodi S3 Psikologi memaparkan antara lain tentang informasi prodi, struktur kurikulum, profil lulusan, dan persyaratan penerimaan mahasiswa baru. Prodi Doktor Psikologi adalah prodi by research sehingga proses perkuliahan berbeda dengan program by course. “Ternyata dengan kuliah S3 di Psikologi UNAIR itu kemampuan akademik kita juga terasah gitu ya, dan tadi juga diamini oleh Bu Maria Eko, bahwa bukan individual skill, tapi memang keterampilan yang didukung oleh banyak pihak, dan ini saya senang sekali”, ujar Dr. Nugroho Dwi Priyohadi, S.Psi., M.Sc., Psi., CT., MT., dari PT Pelindo III (Persero) Group, alumni Prodi S3 Psikologi yang juga Rektor STIAMAK Barunawati Surabaya. Turut pula dalam sesi sharing ini, alumni yang juga seorang akademisi, Dr. Hilwa Anwar, Dosen Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makasar, dan Dr. Maria Eko Sulistyowati, Psikolog, MM, LCPC, Direktur PT. Warma Trierindo, alumni yang merupakan seorang akademisi sekaligus praktisi.

Koordinator Prodi S3 Psikologi, narasumber, pimpinan Fakultas, dan peserta open house Prodi Doktor Psikologi UNAIR

Kegiatan open house ini merupakan lanjutan dari Info Session Fakultas Psikologi UNAIR yang dilaksanakan 10 hari sebelumnya, yaitu hari Rabu, 17 Februari 2021 pkl. 15.30-16.30 wib. Dipandu oleh Heraldha Savira, S.Psi., Raki Jawa Timur 2019, yang merupakan alumni S1 Psikologi UNAIR dan saat ini juga menjadi mahasiswa di Magister Profesi Psikologi UNAIR, acara berlangsung semarak. Meskipun hanya berlangsung 1 jam, kegiatan Info Session sebagai bagian dari Airlangga Education Expo 2021 ini dihadiri oleh 105 peserta yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Durasi 1 jam ini diisi oleh pemaparan Dekan Fakultas Psikologi, Prof. Dr. Suryanto, M.Si., dan testimoni alumni/mahasiswa dari masing-masing prodi.

Dekan Fakultas Psikologi UNAIR, Prof. Dr. Suryanto, M.Si., bersama dosen, mahasiswa, alumni, dan peserta Info Session Fakultas Psikologi UNAIR tanggal 17 Februari 2021

Bagi Anda yang ketinggalan acara ini, jangan kuatir, rekaman Info Session Fakultas Psikologi UNAIR tanggal 17 Februari 2021 dan open house Fakultas Psikologi UNAIR tanggal 27 Februari 2021 dapat disaksikan di YouTube channel Fakultas Psikologi UNAIR, melalui link di bawah ini.

Info Session: Fakultas Psikologi

https://www.youtube.com/watch?v=cMuHWqN5xnU

Open House Fakultas Psikologi UNAIR – Sesi 1 (09.00-12.00 WIB)

Program Studi Sarjana Psikologi, Magister Profesi Psikologi, dan Magister Psikologi

https://www.youtube.com/watch?v=4M2DkiiUXEw&t=13s

Open House Fakultas Psikologi UNAIR – Sesi 2 (13.00-15.00 WIB)

Program Studi Magister Psikologi Terapan dan Doktor Psikologi

https://www.youtube.com/watch?v=Z7Qa6O65WjU

 

Ikuti terus berbagai informasi dan kegiatan Fakultas Psikologi UNAIR melalui FB dan Instagram Fakultas Psikologi Universitas Airlangga! Salam sehat!

Sosialisasi Layanan Cybercampus V2

Sosialisasi layanan Cybercampus V2 terkait dengan:

  1. Terlambat Daftar Ulang & Pembayaran UKT/UKS