Fakultas Psikologi Universitas Airlangga

Keluarga adalah Segalannya

31 Agustus 2014 Fakultas Psikologi Universitas Airlangga mengadakan kegiatan yang bertajuk Keluarga adalah Segalanya. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Kebun Bibit II Surabaya, tepatnya berada di Jalan Kendalsari Wonorejo. Kegiatan yang berbentuk pengabdian kepada masyarakat ini merupakan salah satu usaha Fakultas Psikologi Universitas Airlangga untuk ikut serta menyelenggarakan Tridharma Perguruan Tinggi.

Kegiatan Keluarga adalah Segalanya ini dilaksanakan Fakultas Psikologi Universitas Airlangga dalam rangka memperingati beberapa hari bersejarah, yaitu HUT Pendidikan Psikologi di Universitas Airlangga ke-31, HUT Himpunan Psikologi Indonesia ke-55, serta HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-69. Kegiatan ini juga merupakan rangkaian dari kegiatan Ayo Berbuat Baik (ABB) oleh Himpunan Psikologi Indonesia wilayah Jawa Timur.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh segenap Dosen, tenaga kependidikan, dan staff Fakultas Psikologi Universitas Airlangga beserta keluarganya masing-masing. Dalam kegiatan tersebut, tampak hadir Ketua Himpunan Psikologi Indonesia wilayah Jawa Timur yang sekaligus merupakan Dekan Fakultas Psikologi Universitas Airlangga, Dr. Seger Handoyo, psikolog.

IMG_6160 IMG_6191 IMG_6224

Diawali dengan kegiatan senam otak (senam lansia) bersama Drs. E.M. Agus Subekti D., M.Kes., M.Psi., yang merupakan dosen Fakultas Psikologi Universitas Airlangga. Senam otak ini diikuti oleh para kader lansia puskesmas sekitar wonorejo, dengan harapan bentuk gerakan senam tersebut dapat disebarluaskan ke rekan sejawatnya.

Setelah itu, kegiatan dilanjutkan Sarasehan Pengasuhan Anak bersama Dr. Wiwin Hendriani. Dalam sesi ini, peserta sarasehan adalah pengunjung Kebun Bibit II Surabaya, yang ingin mengetahui lebih banyak tentang pengasuhan anak, serta dapat menanyakan langsung kendala orang tua dalam mengasuh anak. Menurut Dr.Wiwin Hendriani, “mengasuh anak adalah seni, seni antara bagaimana memberikan dukungan (support) perilaku baik, serta memberikan control atas perilaku yang kurang baik.”

Seusai sarasehan, para orang tua yang masih memiliki pertanyaan ataupun ada hal-hal yang ingin dikonsultasikan, dapat melanjutkan diskusinya di sesi konseling. Sesi konseling ini difasilitasi oleh mahasiswa mahasiswi S2 profesi Fakultas Psikologi Universitas Airlangga. Dalam sesi ini, orang tua dapat memilih tempat untuk berkonsultasi sesuai dengan spot-spot yang telah ditentukan.

Selain itu, dalam kegiatan ini juga disediakan area khusus untuk bermain permainan tradisional yang difasilitasi oleh Rudi Cahyono, M.Psi., psikolog; Afif Kurniawan, M.Psi., psikolog; serta beberapa mahasiswa S1 dan mahasiswa S2 profesi . Permainan tersebut terbagi dalam dua kategori, yaitu permainan anak-anak dan permainan keluarga. Karena kegiatan ini bertujuan untuk pengabdian masyarakat, maka seluruh kegiatan pada hari itu tidak dipungut biaya, serta ada beberapa hadiah dan bingkisan yang telah disediakan bagi pengunjung Kebun Bibit II Surabaya yang berpartisipasi dan beruntung. (Fatih – Fac. Amb.)

Psychocup 2024: Psychovisma

Psychocup merupakan acara tahunan yang dilaksanakan oleh Departemen Pengembangan Minat dan Bakat (Pemikat) BEM KM Fakultas Psikologi Universitas Airlangga berupa pertandingan serta perlombaan di bidang non akademik serta akad…

Read More »

Pengajuan Keringanan UKT bagi Mahasiswa S1 Semester Akhir Tinggal Skripsi

Read More »

Workshop Parfum Pemikat Corner

Sebagai anggota BEM Departemen Pengembangan Minat dan Bakat Fakultas Psikologi Universitas Airlangga, kami selalu berusaha untuk mengembangkan potensi, minat serta bakat KM Psikologi UNAIR…

Read More »