Tidak dapat dipungkiri bahwa kemampuan berpikir kreatif pada anak adalah hal yang penting. Dengan perkembangan kreativitas yang optimal maka anak memiliki daya imajinatif dan rasa keingintahuan yang tinggi. Kemampuan ini tidak muncul begitu saja, tetapi melalui pemberian stimulus yang tepat dan optimal, salah satunya melalui metode story telling. Hal inilah yang mendasari kegiatan pelatihan berjudul “Pengembangan Kompetensi Story Telling Guru TK di Kabupaten Jember untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa”. Pelatihan ini menyasar guru TK sebagai salah satu agen utama pendamping proses belajar anak selain orang tua.
Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan pada tanggal 28-31 Juli 2023 dengan melibatkan 36 guru TK Kabupaten Jember. Adapun, rangkaian kegiatan ini terdiri dari pemaparan materi dari beberapa narasumber, display, roleplay, pretest, posttest dan diseminasi story telling dari peserta kepada sejawat lainnya. Pemateri pertama sekaligus ketua pelaksana pelatihan, Herdina Indrijati, M.Psi., Psikolog, menyampaikan paparan tentang gambaran kegiatan serta manfaat menguasai kompetensi story telling bagi guru TK untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatif siswa usia dini. Pemateri kedua, Rudi Cahyono, M.Psi., Psikolog, hadir membawakan materi terkait dampak bercerita bagi perkembangan anak. Pemateri ketiga, Nindia Nurmayasari, S.Psi. selaku pendongeng dan penulis buku anak serta founder klub literasi anak, berfokus pada tata cara mendongeng yang benar dan menarik bagi anak.
“Kegiatan ini, kami harap dapat membantu ibu guru TK Kabupaten Jember untuk menjadi pendamping siswa yang lebih baik dan dapat bersama meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Kami juga berharap agar ibu-ibu dapat menyebarkan ilmu ini ke rekan-rekan sejawat sehingga ilmu ini tidak berhenti di sini saja” ujar Herdina Indrijati, M.Psi., Psikolog selaku ketua pelaksana kegiatan pelatihan ini.
Dosen psikologi UNAIR ini mengungkapkan bahwa story telling tidak hanya berfungsi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa, tetapi juga untuk membantu guru TK menciptakan kegiatan belajar yang menyenangkan.
“Kami senang sekali Fakultas Psikologi UNAIR bisa kembali ke sini, Jember, untuk membantu Guru TK memahami lebih dalam tentang Story Telling. Tentu saja, ilmu ini akan kami teruskan pada rekan-rekan kami karena kami sadar pentingnya kemampuan story telling bagi pembelajaran siswa” ujar Sri wahyuni, S.Pd selaku koordinator peserta pelatihan tersebut.
Senyum dan semangat dari Guru TK Kabupaten Jember ini menunjukkan syukur dan antusiasme mereka yang tinggi pada pelatihan ini. Rasa syukur ini hadir atas kontribusi Fakultas Psikologi UNAIR bagi pengembangan ilmu dan pengetahuan di Kabupaten Jember, khususnya bagi guru TK.
Oleh: Maulia Gitawati Indiswari