Fakultas Psikologi Universitas Airlangga

Eksplorasi Potensi Diri: Membangun Semangat Kompetisi Mahasiswa melalui KIM-PKM Talk 2024

Kompetisi Ilmiah Mahasiswa atau kerap dikenal sebagai KIM merupakan salah satu ajang kompetisi ilmiah terbesar di Universitas Airlangga. Seluruh fakultas dan jurusan yang ada di Universitas Airlangga diperlombakan dalam ajang kompetisi ini. Sejak diadakan pertama kali pada tahun 2022, kini KIM (Kompetisi Ilmiah Mahasiswa) semakin dikenal sebagai sebuah kompetisi bergengsi di lingkup universitas. KIM pada dasarnya diadakan dengan tujuan menjaring proposal PKM (Program Kreativitas Mahasiswa)  yang unggul dan dari tiap fakultas untuk dikompetisikan dalam PKM tahun 2025.

Sejak diadakan pertama kali, Fakultas Psikologi sendiri selalu mempersiapkan tim-timnya dengan baik yang dibuktikan dengan prestasi juara umum dalam KIM 2022 dan berhasil menyumbangkan proposal terbanyak dari 16 fakultas yang ada yaitu berjumlah 78 proposal pada KIM 2023. Sebelum pendaftaran KIM, Fakultas Psikologi juga telah menambahkan prestasi baru dengan lolosnya enam tim dalam pendanaan PKM tahun 2024 yang terdiri dari empat tim skema RSH (Riset Sosial Humaniora) dan dua tim skema PM (Pengabdian Masyarakat). Prestasi-prestasi tersebut membuktikan bahwa Fakultas Psikologi memiliki minat tinggi dan tidak main-main dalam berkompetisi di ajang kompetisi Karya Tulis Ilmiah seperti KIM dan PKM. 

Untuk memacu semangat berkompetisi di KIM dan PKM 2024 ini, Fakultas Psikologi mengadakan terobosan baru bernama KIM-PKM Talk. KIM-PKM Talk ini merupakan webinar yang diadakan sebagai media berbagi cerita dengan narasumber-narasumber yang berpengalaman di KIM dan PKM. Acara dilaksanakan secara daring melalui Zoom Meeting pada hari Minggu, 5 Mei 2024 dan dihadiri oleh 57 peserta. KIM-PKM Talk dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia dan Hymne Airlangga. Narasumber pertama dalam KIM-PKM Talk ini adalah Ibu Herdina Indrijati M.Psi., Psikolog., sebagai dosen TPK Fakultas Psikologi yang telah banyak terlibat dalam tiap prestasi KIM, PKM hingga PIMNAS yang diraih oleh mahasiswa Fakultas Psikologi. Beliau berbagi materi mulai dari definisi dari KIM, peraturan, hingga keuntungan bagi mahasiswa yang mengikuti KIM.

Tidak hanya penjelasan KIM secara umum, Ibu Herdina juga menjelaskan mekanisme pendaftaran delegasi KIM di Fakultas Psikologi yang baru untuk tahun 2024. Di tahun ini,  pendaftaran delegasi Fakultas Psikologi melalui tiga jalur, yaitu PKM road to KIM, Talent Scouting, dan Open Registration.

  1. PKM road to KIM: Jalur ini digunakan bagi tim yang me-submit proposal PKM tahun 2024 ke simbelmawa tetapi tidak lolos pendanaan. Mereka dapat memperbaiki substansi dan dikompetisikan kembali di KIM.
  2. Talent Scouting: Jalur ini merupakan seleksi internal dari para juri untuk mahasiswa/i yang berpotensi menjadi tim delegasi KIM Fakultas Psikologi.
  3. Open Registration: Jalur ini ditujukan bagi mahasiswa/i KM Psikologi yang secara sukarela berminat menjadi delegasi KIM Fakultas Psikologi.

Dari ketiga jalur yang ada, jalur PKM road to KIM adalah inovasi baru untuk tahun ini dari tahun-tahun sebelumnya. Melalui mekanisme yang baru ini, ide-ide terbaik yang belum didanai yang telah diusulkan dalam PKM 2024, dapat dimanfaatkan kembali untuk berkompetisi di KIM 2024.

Dari sosialisasi KIM selanjutnya beralih ke inti utama dari KIM-PKM Talk, yaitu sharing session bersama tiga mahasiswa berprestasi yang berpengalaman di KIM dan PKM. Mahasiswa-mahasiswa tersebut antara lain Siska Novita Gozaly dan Maulia Gitawati Indiswari sebagai penerima medali perunggu di PIMNAS 36,  beserta Audhiansa Prameswari sebagai penerima medali perunggu KIM PM 2023 dan pendanaan PKM PM 2024. Melalui sharing session ini, tiap narasumber berbagi cerita dan pengalaman mereka tentang menentukan ide yang menarik untuk PKM, bekerja dalam tim, hingga kendala yang mereka alami selama perjuangan menaklukkan KIM dan PKM.

Berbagai lika-liku ikut membersamai perjuangan para narasumber karena para peserta KIM dan PKM juga dituntut dengan kemampuan beradaptasi, kerja sama tim, dan kepemimpinan. Para narasumber sepakat bahwa KIM dan PKM ini bukan hanya tentang meraih prestasi, tetapi juga tentang pengalaman berharga dan tidak terlupakan bagi mereka dalam mengoptimalkan potensi diri yang ada. Tidak hanya berbagi cerita, selanjutnya dalam sesi QnA, peserta Zoom Meeting dipersilahkan memberikan pertanyaan kepada narasumber. Para peserta menunjukkan antusiasmenya dengan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan. Melihat antusiasme ini diharapkan peserta terutama KM Psikologi angkatan 2022 dan 2023 dapat membangun semangat berkompetisinya dan meneruskan capaian prestasi di Fakultas Psikologi.

Kompetisi Ilmiah Mahasiswa (KIM) ini merupakan jawaban yang tepat bagi mahasiswa dalam menempa kemampuan mereka dan bersaing sebelum ke lingkup nasional yaitu Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Dengan antusiasme yang tampak selama berjalannya KIM-PKM Talk, diharapkan akan semakin banyak lahir capaian-capaian baru Fakultas Psikologi di lingkup KIM dan PKM yang menunjukkan kontribusi mahasiswa pada kajian ilmiah dan teknologi di Indonesia. Mahasiswa-mahasiswa ini yang berperan besar dalam membangun masa depan bangsa melalui pengetahuan dan inovasi. Akhir penutup kata, KIM-PKM Talk ini merupakan bagian dari program kerja KIM-PKM-PIMNAS dari Departemen SSD BEM KM Psikologi Universitas Airlangga, sebagai salah satu perwujudan dalam mendukung tercapainya poin keempat SDGs yaitu pendidikan bermutu untuk menjembatani dan memfasilitasi mahasiswa di tingkat Fakultas Psikologi Universitas Airlangga untuk membentuk karakter generasi muda yang berkualitas demi masa depan bangsa.

Psychocup 2024: Psychovisma

Psychocup merupakan acara tahunan yang dilaksanakan oleh Departemen Pengembangan Minat dan Bakat (Pemikat) BEM KM Fakultas Psikologi Universitas Airlangga berupa pertandingan serta perlombaan di bidang non akademik serta akad…

Read More »

Pengajuan Keringanan UKT bagi Mahasiswa S1 Semester Akhir Tinggal Skripsi

Read More »

Workshop Parfum Pemikat Corner

Sebagai anggota BEM Departemen Pengembangan Minat dan Bakat Fakultas Psikologi Universitas Airlangga, kami selalu berusaha untuk mengembangkan potensi, minat serta bakat KM Psikologi UNAIR…

Read More »