Fenomena Stres pada Guru Pendidikan Khusus

Penulis

  • Ilena Dwika Musyafira
  • Wiwin Hendriani

Kata Kunci:

stres, pendidikan khusus, guru

Abstrak

ABSTRAK
Menjadi guru pendidikan khusus merupakan pekerjaan yang menantang. Guru pendidikan khusus mengalami stres yang lebih tinggi karena banyaknya permintaan akademik siswa berkebutuhan khusus. Penelitian ini berupa sistematik review, bertujuan untuk melihat fenomena stres pada guru pendidikan khusus. Sebanyak 7 jurnal dalam 10 tahun terakhir ditemukan untuk melihat fenomena stres pada guru pendidikan khusus. Jurnal dari benua Asia sebanyak 2 jurnal, Eropa 2 jurnal dan Amerika sebanyak 3 jurnal. Kesimpulan yang dapat diketahui bahwa sebagian besar tingkat stres yang dialami oleh guru kebutuhan khusus berada pada tingkat sedang. Penghargaan, gaji, minimnya pelatihan serta beban kerja yang berlebihan menjadi stressor paling kuat. Olah raga menjadi pilihan yang paling efektif sebagai cara koping pada guru pendidikan khusus. Fenomena burnout serta self-efficacy menjadi bahasan yang erat terkait dengan stres pada guru pendidikan khusus. Self-efficacy serta lama mengajar memiliki peran penting pada pengalaman stres yang dialami oleh guru pendidikan khusus.

ABSTRACT
Becoming a special education teacher is a challenging job. Special education teachers experience higher stress. This research is a systematic review, aiming to see the phenomenon of stress in special education teachers. A total of 7 journals in the last 10 years were found to look at that phenomenon. There are 2 journals from the Asian continent, 2 European journals and 3 journals from America. The conclusion that can be seen is that most of the stress levels experienced by special needs teachers are at a moderate level. Rewards, salaries, lack of training and excessive workloads are the strongest stressors. Sport is the most effective choice as a coping for special education teachers. The phenomenon of burnout and self-efficacy were closely related to stress in special education teachers. Self-efficacy and length of teaching have an important role in the experience of stress by special education teachers.
Keywords: stress, special education, teacher

Unduhan

Diterbitkan

08-02-2023

Terbitan

Bagian

Articles