Fakultas Psikologi Universitas Airlangga

Pengaderan Tahap Penerimaan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru 2023

Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru atau yang dikenal dengan PKKMB merupakan serangkaian kegiatan wajib bagi seluruh mahasiswa baru tidak terkecuali mahasiswa baru Fakultas Psikologi Universitas Airlangga. PKKMB atau Tahap penerimaan adalah salah satu dari 3 tahap pengaderan yang ada di Fakultas Psikologi UNAIR. Pada tahap penerimaan memiliki fokus utama yaitu memperkenalkan lingkungan serta budaya yang ada di Fakultas Psikologi kepada seluruh mahasiswa baru.

Tentunya pengaderan tahap penerimaan yang diadakan oleh Fakultas Psikologi Universitas Airlangga juga menerapkan dua poin dari SDGs (Sustainable Development Goals), yaitu mengenai kesehatan yang baik dan kesejahteraan (poin ke-3) dan pendidikan bermutu (poin ke-4). Hal ini dapat terlihat dari rangkaian acara yang dilakukan dalam PKKMB ini. Di awal, para mahasiswa baru akan diminta untuk mengisi screening kesehatan untuk mengetahui riwayat penyakit yang dimiliki oleh para mahasiswa baru sehingga panitia kesehatan PKKMB mengetahui riwayat penyakit yang dialami oleh setiap mahasiswa baru dan membantu panitia kesehatan dalam mempersiapkan hal-hal yang perlu dipersiapkan untuk kesehatan mahasiswa baru. Selain itu, sebelum PKKMB dilaksanakan, para mahasiswa baru diwajibkan untuk mengisi screening Covid-19 sebagai bentuk pencegahan penularan Covid-19. Pada saat berjalannya kegiatan PKKMB ini, para mahasiswa baru juga diwajibkan untuk mencuci tangan terlebih dahulu. Para mahasiswa baru juga diberikan pita kesehatan di awal kegiatan PKKMB agar panitia mengetahui kondisi para mahasiswa baru.

Tahun ini PKKMB Fakultas Psikologi UNAIR mengusung subnama “Psychoventure” yang merupakan gabungan dari Psychology (Psikologi) dan Adventure (Petualangan). Selain itu, PKKMB tahun 2023 mengusung tema “prepare your own journey, break your boundaries” yang bermakna bahwa mahasiswa baru dalam masa orientasi ini bisa  memiliki wawasan yang cukup dan bisa keluar dari batasan atau zona nyaman mereka agar dapat beradaptasi dengan dunia perkuliahan.

Sesuai dengan nama dan tujuan, materi yang dibawakan dalam PKKMB meliputi pengenalan ORMAWA (Organisasi Mahasiswa) di tingkat fakultas serta berbagai materi menarik lainnya seputar Fakultas Psikologi UNAIR. Kegiatan PKKMB sendiri dilaksanakan selama 3 hari, yakni pada tanggal 23, 24, dan 25 Agustus 2023 di aula Excellence With Morality Fakultas Psikologi UNAIR dan diikuti oleh 270 lebih mahasiswa baru Fakultas Psikologi angkatan 2023.

Pada hari pertama PKKMB diisi oleh berbagai macam materi terkait pengenalan UNAIR dan Fakultas Psikologi. Adapun materi yang dibawakan pada hari pertama meliputi Sejarah, Prestasi, Proyeksi Fakultas dan Pengenalan Dosen, Kegiatan Akademik, Merdeka Belajar, dan Kampus Merdeka Fakultas, Kegiatan Kemahasiswaaan Fakultas, Kegiatan Akademik dan Kemahasiswaan Fakultas, dan Unit Terapan Fakultas Psikologi.

Pada hari kedua meliputi materi Unit Sistem Informasi (USI), perkenalan ORMAWA BLM KM dan BEM KM, Program Kerja Unggulan BEM KM, PKM- Mawapres, dan perkenalan bersama dosen wali. Di hari terakhir ditutup dengan safari kampus di area Fakultas Psikologi.

Tidak hanya materi saja yang didapatkan oleh para mahasiswa baru Fakultas Psikologi angkatan 2023, mereka juga mendapatkan beberapa penugasan yang bermanfaat untuk masa mendatang. Contoh penugasan yang dikerjakan meliputi pembuatan esai diri, CV ATS, dan Motivation Letter yang keseluruhannya dapat digunakan apabila ingin mengikuti kegiatan di kampus maupun luar kampus seperti ORMAWA, pertukaran mahasiswa, magang, beasiswa dan masih banyak lagi.

Psychocup 2024: Psychovisma

Psychocup merupakan acara tahunan yang dilaksanakan oleh Departemen Pengembangan Minat dan Bakat (Pemikat) BEM KM Fakultas Psikologi Universitas Airlangga berupa pertandingan serta perlombaan di bidang non akademik serta akad…

Read More »

Pengajuan Keringanan UKT bagi Mahasiswa S1 Semester Akhir Tinggal Skripsi

Read More »

Workshop Parfum Pemikat Corner

Sebagai anggota BEM Departemen Pengembangan Minat dan Bakat Fakultas Psikologi Universitas Airlangga, kami selalu berusaha untuk mengembangkan potensi, minat serta bakat KM Psikologi UNAIR…

Read More »