Fakultas Psikologi Universitas Airlangga

Paraduta 2024: Kompetisi, Kebersamaan, Perjuangan

Pelaksanaan babak 1 dan babak 2 Paraduta secara online tidak memutus semangat para KM Psikologi untuk berkompetisi. Dari hasil evaluasi, banyak komentar KM yang ingin melakukan kompetisi secara offline akibat keseruan yang dirasakan. Mewujudkan antusiasme KM, babak final Paraduta 2024 terlaksana secara tatap muka, dengan ketegangan yang tidak lagi dialami secara terpisah. Pada Selasa, 21 Mei 2024, ruangan 308 Fakultas Psikologi dipenuhi riuh perebutan juara pertama, kedua, dan ketiga Paraduta 2024.

Mengedepankan SDGs 4, Quality Education, babak final Paraduta dikemas dengan beberapa pembaharuan dari tahun-tahun sebelumnya. Masih ada sistem perebutan dengan mengangkat tangan, tetapi kali ini tiap tim diperbolehkan memilih satu dari lima topik mata kuliah yang disediakan. Topik tersebut di antaranya Biopsikologi, Sejarah dan Aliran Psikologi, Teori Psikologi Perkembangan, Psikopatologi, dan Psikologi Pendidikan. Pemilihan topik didasarkan pada pemerataan mata kuliah yang pernah diambil oleh masing-masing angkatan. Pemenang ditentukan dari tim yang dapat meraih tiga poin terlebih dahulu dengan menjawab benar pada tiga topik pilihan. Adanya pemilihan topik juga membuka kesempatan bagi masing-masing tim untuk memilih mata kuliah yang mereka kuasai dan menguji wawasan mereka.

Babak final Paraduta sendiri diikuti oleh tiga tim yang lolos dari babak-babak sebelumnya. Dua tim berasal dari angkatan 2021, tim Bounce Back dan tim Barokah Jaya. Sedangkan satu tim sisanya berasal dari angkatan 2022, yaitu tim Trio Kwek Kwek. Menjadi satu-satunya tim yang berasal dari angkatan berbeda tak memutus semangat Trio Kwek Kwek dalam berjuang. Setelah merebut kesempatan menjawab pada giliran kedua, Trio Kwek Kwek berhasil menyapu bersih tiga poin secara berturut-turut, resmi menjadi juara satu Paraduta 2024. Supporter Trio Kwek Kwek, tiga sekawan yang duduk di kursi penonton berseru riang mendengar kemenangan yang diraih. Mereka bahkan membawa poster berukuran A4 yang menurut mereka dicetak mendadak di hari itu, bergambar salah satu anggota tim Trio Kwek Kwek untuk mendukung teman mereka. Pada penghujung acara, tim Bounce Back dan Barokah Jaya memperebutkan juara dua, hingga akhirnya tim Bounce Back berhasil bounce back dan mendapat dua poin terakhir untuk mendapat juara.

Awarding ketiga juara dilakukan bersamaan dengan closing PsychoCup 2024, Psychovisma, yang dilaksanakan pada Sabtu, 25 Mei 2024 di SMA 5 Surabaya. Perwakilan dari masing-masing tim maju dan berfoto bersama penanggungjawab program kerja Paraduta, menunjukkan senyum cerah di depan kamera. Ditutup dengan kebersamaan dan semangat kompetisi, Paraduta 2024 tidak hanya menyatukan para KM dari berbagai angkatan, namun juga kembali menghidupkan bara api mengasah wawasan.

Psychocup 2024: Psychovisma

Psychocup merupakan acara tahunan yang dilaksanakan oleh Departemen Pengembangan Minat dan Bakat (Pemikat) BEM KM Fakultas Psikologi Universitas Airlangga berupa pertandingan serta perlombaan di bidang non akademik serta akad…

Read More »

Pengajuan Keringanan UKT bagi Mahasiswa S1 Semester Akhir Tinggal Skripsi

Read More »