Dalam upaya menjaring korespondensi, BEM KM Fakultas Psikologi Universitas Airlangga melaksanakan agenda rutin yaitu Studi Banding. Dalam praktiknya, program kerja Studi Banding dibawahi oleh Departemen Branding yang bergerak di bidang eksternal. Tujuan utama dilaksanakannya kegiatan ini yaitu sesuai dengan Sustainable Developmental Goals (SDGs) yang ketujuh belas, Partnership for The Goals. Dengan tema “Tide Over the Waves” BEM KM Fakultas Psikologi UNAIR berusaha membangun jaringan dan mengembangkan kerja sama dengan pihak yang setara dengan tujuan saling belajar dan mengaktualisasikan organisasi masing-masing sebagai bekal ke depannya.
Pada Kabinet Arus Aktualisasi ini, Departemen Branding sukses mengajak seluruh anggota organisasi ke Yogyakarta. Kegiatan Studi Banding dilaksanakan bersama LM Psikologi Universitas Gadjah Mada di Selasar, Fakultas Psikologi, Universitas Gadjah Mada. Kegiatan dimulai sejak jam sepuluh pagi dengan Focus Group Discussion (FGD) sebagai acara utama. Dalam FGD, para peserta dari masing-masing organisasi akan dipasangkan bersama ‘saudaranya’ di organisasi. Seperti Departemen Student Scientific Development dari BEM Psikologi UNAIR dengan Departemen Riset dan Kemahasiswaan dari LM Psikologi UGM. Akan dilaksanakan presentasi dan diskusi di tiap-tiap kelompok agar masing-masing pihak dapat saling belajar dan berkembang.
Meskipun kegiatan ini termasuk kegiatan formal, acara direncanakan sedemikian rupa untuk memastikan para anggota bukan hanya saling bertukar pikiran di forum, namun juga berkenalan secara intens untuk menjalin relasi. Terdapat sesi Games, Free Time, dan Faculty Tour yang akan mendorong para peserta untuk saling berkenalan dan menyapa. Para peserta juga dapat membuat memori di sesi dokumentasi bersama-sama. Aspek fun ini wajib ada karena sekaligus sebagai angin segar bagi mahasiswa untuk bisa ‘libur’ sebentar dari sibuknya perkuliahan dan berkenalan dengan kawan baru.
Output kegiatan ini berupa notulensi yang bisa diakses di kemudian hari agar kemudian dijadikan catatan untuk periode selanjutnya sebagai bahan pertimbangan. Selain itu, terdapat konten After Movie dan satu Konten Fun yang akan diupload di platform media sosial Youtube dan Tiktok. Kegiatan ini sukses memenuhi tolok ukur keberhasilan kegiatan dengan total 166 peserta, 71 peserta dari LM Psikologi UGM dan 95 peserta dari BEM KM Psikologi UNAIR.
Diharapkan kegiatan ini dapat benar-benar menjadi bekal dan evaluasi untuk kegiatan-kegiatan BEM KM Fakultas Psikologi Universitas Airlangga di masa yang mendatang. Selain itu, kami berharap jembatan relasi yang sudah dibangun, baik itu antarorganisasi, antarfakultas, atau bahkan antaruniversitas, dapat terjaga seterusnya. Semoga saja kegiatan ini dapat terus dilanjutkan dan menghasilkan output yang positif.