Kamis (24/10/2013), gedung Airlangga Convention Center (ACC) telah ramai dipenuhi oleh banyak orang. Dalam gedung yang belum lama ini direnovasi juga dipenuhi oleh stand-stand peserta. Banyak stand yang berisi hasil karya-karya mahasiswa dari universitas lain maupun dari mahasiswa Universitas Airlangga dari berbagai fakultas. Selain itu, ada juga stand yang menjual barang-barang usaha mahasiswa. Hal ini dalam rangka acara peringatan dies natalis Universitas Airlangga ke-59.
Terdapat berbagai macam hasil karya mahasiswa yang dipamerkan. Dalam bidang teknologi, ada Fakultas Sains dan Teknik yang menyajikan sebuah situs menarik yang berisi informasi unik tentang kota Surabaya. Selain itu ada pula mahasiswa yang menampilkan informasi atau edukasi kepada pengunjung terkait dengan ilmu yang mereka pelajari. Fakultas Kedokteran misalnya, yang melakukan role play tentang pertolongan pertama pada orang yang pingsan. Ada juga penampilan informasi mengenai proses pertolongan pada kambing yang mengalami kesulitan dalam melahirkan oleh Fakultas Peternakan. Setelah saya berputar mengelilingi gedung ACC, terlihat pula produk-produk unik lainnya. Yoghurt telo misalnya, minuman enak dan dapat menyehatkan tubuh karya mahasiswa dari Universitas Brawijaya.
Tidak mau kalah, Fakultas Psikologi juga menyajikan produk hasil karya mahasiswanya yang juga tidak kalah bagusnya. Ada Rumanji, permainan ular tangga berbentuk rumah-rumahan yang dibuat oleh Alifya dkk. Dalam permainan edukatif ini, anak diajak bersenang-senang dengan menggunakan permainan tradisional tanpa harus menggunakan gadget. Aturan permainannya mirip seperti permainan ular tangga, namun terdapat kartu merah dan hijau. Jika mendapatkan kartu hijau, anak akan diminta bercerita mendeskripsikan gambar yang ada. Sedangkan, jika mendapatkan kartu merah anak mendapat perintah untuk melakukan pekerjaan rumah ringan, seperti mencuci piring atau merapikan barang. Oleh karena hal ini, dalam bermain disarankan orang dewasa untuk mendampingi sebagai fasilitator.
Selain Rumanji, ada pula permainan TTE, atau Tali Tangga Emoticon hasil karya Riskyana Wulandari dkk. Permainan ini juga mengadaptasi permainan ular tangga pada umumnya, namun dalam permainan ini papan permainan berisi gambar emosi-emosi manusia. Permainan ini diperuntukkan untuk anak berusia 4,5-6 tahun. Dalam permainan ini jika anak mendapatkan bintang, maka anak mengambil kartu permainan. Pada kartu permainan tersebut terdapat gambar dan cerita masing-masing. Dalam cerita itu sang anak diminta untuk memeragakan emosi tentang apa yang mereka rasakan jika mereka berada pada kondisi dalam cerita tersebut, lalu anak lainnya menebak emosi yang mereka peragakan.
Para mahasiswa Fakultas Psikologi juga turut meramaikan acara dengan menggelar produk kewirausahaan mereka. Ada yang menjual makanan seperti roti isi, minuman, dan juga produk desain seperti baju kaos dan stiker. Kegiatan wirausaha ini merupakan salah satu tugas dari mata kuliah peminatan psikologi industri dan organisasi. Nantinya, dari penjualan ini dibuat analisisnya. Tugas ini sebagai bentuk praktik pengaplikasian ilmu psikologi karena bagaimanapun ilmu yang baik adalah ilmu dipraktikan.