Fakultas Psikologi Universitas Airlangga

Dampak Penggunaan Make-up dalam Mempengaruhi Self-confidence Remaja Perempuan Masa Kini

Penulis: Garcia Aprilia Noya
NIM: 113241058

Di era digital yang semakin canggih, tentu penekanan dalam menunjukan penampilan terbaik di dalam media sosial telah menjadi fenomena yang semakin umum. Terutama pada generasi remaja perempuan gen-z. Salah satu alat yang dapat membantu remaja perempuan dalam mengekspresikan penampilan terbaik mereka adalah make-up. Namun, make-up tidak hanya berperan untuk mempercantik wajah tetapi juga bagaimana membangun kepercayaan diri atau self-confidence ketika bersosialisasi di publik. Lalu bagaimana peran make-up itu sendiri dalam meningkatkan self-confidence remaja perempuan masa kini?

1. Bentuk dalam mengekspresikan diri!

Penggunaan make-up bagi remaja dapat menjadi kegiatan positif untuk remaja perempuan dalam mengekspresikan karakter dan pembawaan mereka. Make-up sendiri memiliki banyak jenis, warna, hingga teknik dalam merias wajah yang dapat meningkatkan kreativitas dalam mencerminkan identitas diri mereka.

2. Meningkatnya kualitas penampilan

Dengan menggunakan make-up, remaja akan merasa bahwa penampilan mereka jauh lebih meningkat dan hal ini akan membangun kepercayaan diri mereka. Bukan hanya untuk diri sendiri, namun juga percaya diri ketika harus berinteraksi dengan sosial.

3. Membangun mood

Proses dalam melangsungkan make-up dapat menjadi proses yang menyenangkan terutama bagi remaja perempuan. Karena dengan melakukan aktivitas ini, remaja akan lebih memahami dirinya masing-masing dalam mempersiapkan diri serta mental yang baik untuk memulai hari. Setelah mendapatkan hasil make-up yang maksimal, remaja akan jauh lebih bersemangat dalam menjalankan aktivitasnya.

Namun, sekalipun make-up menjadi suatu sarana yang dapat memberikan aspek positif dalam membangun kepercayaan diri seseorang, penting untuk kita sadari bahwa penggunaan make-up juga dapat membawa remaja ke dalam dampak negatif, terutama dalam kesehatan mental remaja.

1. Menciptakan standar kecantikan yang tidak logis

Munculnya paparan iklan dalam media sosial bahkan pamflet terhadap gambar-gambar kecantikan perempuan yang ideal menurut generasi masa kini membangun standarisasi di dalam kecantikan yang tidak logis. Hal ini dapat menjadi dampak bagi remaja perempuan untuk membanding-bandingkan diri mereka dengan paparan iklan tersebut, dan membangun ekspektasi berlebih untuk diri mereka sendiri. Sehingga, munculnya rasa ketidakpuasan maupun minder di dalam diri mereka.

2. Tekanan dari lingkup sosial

Munculnya tekanan dari lingkup sosial hadir karena remaja perempuan merasa fomo (fear of missing out) dalam mengikuti tren kecantikan yang sedang marak di media sosial. Banyak remaja perempuan yang akhirnya merasa tertekan untuk menggunakan make-up supaya mendapatkan validasi dari banyak orang. Hal ini dapat menimbulkan tekanan yang akhirnya mengarah kepada stress remaja.

Dari sini, kita dapat mempelajari bahwa make-up menjadi peran yang krusial dalam membangun kepercayaan diri atau self-confidence seorang remaja baik dari aspek positif hingga ke arah negatif. Sebagai generasi yang sudah berkembang di era yang lebih maju, sudah semestinya kita untuk lebih bijak dalam menyadari efek kesehatan mental yang dapat ditimbulkan.

Referensi

  • Laowe, C. (2019, October 2). Perbedaan Self confidence Pada Pengguna Make Up Dan Tidak Menggunakan Make Up Pada Remaja Putri. https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/11377
  • Masita Yulandri Salim, Harlina Hamid, & Ismalandari Ismail3. (2023). Hubungan Kepercayaan Diri dan Intensitas Penggunaan Make up Berlebihan pada Wanita Dewasa Awal di Kota Makassar. PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora, 3(1), 167–174. https://doi.org/10.56799/peshum.v3i1.2653

BSO Futsal Psikologi adalah sebuah organisasi yang menjadi sarana Mahasiswa dan Mahasiswi Fakultas Psikologi Universitas Airlangga dalam membangun dan meningkatkan kualitas Futsal di Fakultas Psikologi Universitas Airlangga d…

Read More »

Welcome Party BSO Futsal 2024: Mempererat Kebersamaan KM Psikologi dan Mengenalkan BSO Futsal

Pada hari Jumat, 27 November 2024, BSO Futsal Psikologi Universitas Airlangga sukses menggelar Program Kerja terakhirnya yang bernama Welcome Party BSO Futsal 2024 di Lapangan Hans Futsal yang dihadiri oleh 17 pesert…

Read More »

Mengenal Fakultas Psikologi: Fakultas Psikologi Universitas Airlangga Sambut Kunjungan SMA Al Ma'hadul Islami Bangil

Pada Kamis, 5 Desember 2024 lalu Fakultas Psikologi UNAIR menyambut kunjungan dari SMA Al Ma’hadul Islami Bangil, Pasuruan. Kunjungan ini dihadiri 31 siswi dan 2 guru pendamping dari SMA Al Ma’hadul Islami. Sementar…

Read More »

Insight Digital Magazine (IDM) merupakan salah satu program kerja BSO Insight yang menghasilkan luaran berupa majalah digital yang dapat diakses oleh KM Psikologi dan khalayak umum melalui platform FlipHTML5…

Read More »

Sparring BSO Futsal 2024

BSO Futsal Psikologi adalah sebuah organisasi yang menjadi sarana Mahasiswa dan Mahasiswi Fakultas Psikologi Universitas Airlangga dalam membangun dan meningkatkan kualitas Futsal di Fakultas Psikologi Universitas Airlangga d…

Read More »

Welcome Party BSO Futsal 2024: Mempererat Kebersamaan KM Psikologi dan Mengenalkan BSO Futsal

Pada hari Jumat, 27 November 2024, BSO Futsal Psikologi Universitas Airlangga sukses menggelar Program Kerja terakhirnya yang bernama Welcome Party BSO Futsal 2024 di Lapangan Hans Futsal yang dihadiri oleh 17 pesert…

Read More »

Mengenal Fakultas Psikologi: Fakultas Psikologi Universitas Airlangga Sambut Kunjungan SMA Al Ma'hadul Islami Bangil

Pada Kamis, 5 Desember 2024 lalu Fakultas Psikologi UNAIR menyambut kunjungan dari SMA Al Ma’hadul Islami Bangil, Pasuruan. Kunjungan ini dihadiri 31 siswi dan 2 guru pendamping dari SMA Al Ma’hadul Islami. Sementar…

Read More »

BSO Futsal Psikologi adalah sebuah organisasi yang menjadi sarana Mahasiswa dan Mahasiswi Fakultas Psikologi Universitas Airlangga dalam membangun dan meningkatkan kualitas Futsal di Fakultas Psikologi Universitas Airlangga d…

Read More »

Welcome Party BSO Futsal 2024: Mempererat Kebersamaan KM Psikologi dan Mengenalkan BSO Futsal

Pada hari Jumat, 27 November 2024, BSO Futsal Psikologi Universitas Airlangga sukses menggelar Program Kerja terakhirnya yang bernama Welcome Party BSO Futsal 2024 di Lapangan Hans Futsal yang dihadiri oleh 17 pesert…

Read More »

Mengenal Fakultas Psikologi: Fakultas Psikologi Universitas Airlangga Sambut Kunjungan SMA Al Ma'hadul Islami Bangil

Pada Kamis, 5 Desember 2024 lalu Fakultas Psikologi UNAIR menyambut kunjungan dari SMA Al Ma’hadul Islami Bangil, Pasuruan. Kunjungan ini dihadiri 31 siswi dan 2 guru pendamping dari SMA Al Ma’hadul Islami. Sementar…

Read More »

Insight Digital Magazine (IDM) merupakan salah satu program kerja BSO Insight yang menghasilkan luaran berupa majalah digital yang dapat diakses oleh KM Psikologi dan khalayak umum melalui platform FlipHTML5…

Read More »

Sparring BSO Futsal 2024

BSO Futsal Psikologi adalah sebuah organisasi yang menjadi sarana Mahasiswa dan Mahasiswi Fakultas Psikologi Universitas Airlangga dalam membangun dan meningkatkan kualitas Futsal di Fakultas Psikologi Universitas Airlangga d…

Read More »

Welcome Party BSO Futsal 2024: Mempererat Kebersamaan KM Psikologi dan Mengenalkan BSO Futsal

Pada hari Jumat, 27 November 2024, BSO Futsal Psikologi Universitas Airlangga sukses menggelar Program Kerja terakhirnya yang bernama Welcome Party BSO Futsal 2024 di Lapangan Hans Futsal yang dihadiri oleh 17 pesert…

Read More »

Mengenal Fakultas Psikologi: Fakultas Psikologi Universitas Airlangga Sambut Kunjungan SMA Al Ma'hadul Islami Bangil

Pada Kamis, 5 Desember 2024 lalu Fakultas Psikologi UNAIR menyambut kunjungan dari SMA Al Ma’hadul Islami Bangil, Pasuruan. Kunjungan ini dihadiri 31 siswi dan 2 guru pendamping dari SMA Al Ma’hadul Islami. Sementar…

Read More »