Fakultas Psikologi Universitas Airlangga

Ketika Depresi disebabkan oleh Faktor Ekonomi

PsiTalk Season 3; Episode 1

Ketika Depresi disebabkan oleh Faktor Ekonomi

Fakultas Psikologi Universitas Airlangga melalui program bersama mahasiswa di Departemen Kajian Isu Strategis, menyediakan forum untuk pendalaman isu pembunuhan yang dilakukan oleh seorang Ibu kepada anaknya sendiri. Melalui kanal Youtube Fakultas Psikologi Universitas Airlangga, pendalaman dimulai dengan pembahasan profil Seorang ibu berinisial KU (35) asal Brebes, Jawa Tengah, tega menganiaya ketiga anaknya, hingga menyebabkan salah satu di antaranya meninggal dunia. Dikutip dari Kompas.com, Senin (21/3/2022), korban meninggal merupakan anak kedua pelaku yang berusia 7 tahun, ia ditemukan dengan luka di bagian leher. Sementara itu, 2 anak yang selamat adalah anak sulung dan bungsu yang masing-masing berusia 10 dan 4,5 tahun. Meski selamat, kedua anak luka di leher dan dada.

Berdasarpan pemaparan dari psikolog, dijleaskan bahwa seorang perempuan yang sudah berkeluarga memang rawan menderita depresi, akibat permasalahan kompleks yang menderanya.

Ada beragam masalah yang harus dihadapi sebagai sepasang suami istri. Terlebih, jika dalam rumah tangga tersebut sudah terdapat anak. Kondisi individu tersebut dapat berupa tekanan dan situasi apa saja yang ia miliki di sekelilingnya. Misalnya apakah individu tersebut siap secara fisik maupun mental untuk menikah dan memiliki anak. Ketidaksiapan dari individu bisa menimbulkan tekanan ketika ia menjalani peran-perannya pada saat menikah dan memiliki anak.

Lingkungan dan orang-orang terdekat memiliki peran yang krusial untuk mencegah terjadinya kejadian serupa. Apabila ada kecenderungan pemikiran atau tindakan membahayakan diri maupun orang lain, orang di sekitar wajib mengarahkan yang bersangkutan agar segera mendapatkan pertolongan. Dalam hal ini, termasuk pertolongan profesional, demi memastikan keselamatan dan keamanan sang ibu juga anak yang ada di bawah pengasuhannya.

Psychocup 2024: Psychovisma

Psychocup merupakan acara tahunan yang dilaksanakan oleh Departemen Pengembangan Minat dan Bakat (Pemikat) BEM KM Fakultas Psikologi Universitas Airlangga berupa pertandingan serta perlombaan di bidang non akademik serta akad…

Read More »

Pengajuan Keringanan UKT bagi Mahasiswa S1 Semester Akhir Tinggal Skripsi

Read More »

Workshop Parfum Pemikat Corner

Sebagai anggota BEM Departemen Pengembangan Minat dan Bakat Fakultas Psikologi Universitas Airlangga, kami selalu berusaha untuk mengembangkan potensi, minat serta bakat KM Psikologi UNAIR…

Read More »