Fakultas Psikologi Universitas Airlangga

Psycho Experientia: Ajak Mahasiswa Baru Kampanye Kesehatan Mental

Pengaderan mahasiswa baru Fakultas Psikologi UNAIR terbagi menjadi beberapa tahap. Salah satunya, tahap pembinaan kedua yang dilaksanakan 18-20 Oktober 2019. Dengan jargon “Lanjutkan langkah, siap berdinamika” pengaderan kali ini membawa sesuatu yang baru dan menarik. Meskipun telah terencana dari tahun lalu, namun ini pertama kalinya dilaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat dengan melakukan kampanye mengenai kesehatan mental di Car Free Day Taman Bungkul Surabaya.

Mahasiswa baru diajak langsung terjun ke masyarakat, dipersiapkan secara berkelompok dan diberi tutor serta didampingi oleh dosen untuk membuat konsep kampanye yang akan dilakukannya. Tutoring ini dilaksanakan agar mereka dapat menyampaikan informasi dengan baik kepada masyarakat.

Materi kampanye yang diberikan juga telah disesuaikan dengan masyarakat, seperti penggunaan gadget, perilaku sehat, dan sebagainya. Peran mahasiswa baru per kelompok pun juga telah dibagi, ada yang menjadi deliver, observer, dan juga dokumenter. Mereka melakukan kampanye dengan media seperti poster, brosur, ataupun stiker untuk memudahkan penyampaian informasi kepada masyarakat. Hasil kegiatan pengabdian masyarakat ini dibagikan lewat media sosial per kelompok sehingga kampanye ini tidak hanya akan bermanfaat untuk masyarakat yang sedang berada di Taman Bungkul waktu itu namun juga bisa bermanfaat bagi semua orang dengan mengakses media sosial kelompok kampanye. Melihat respon positif dari masyarakat dan mahasiswa baru, diharapkan kegiatan pengabdian masyarakat dalam Psycho Experientia ini bisa diteruskan untuk tahun selanjutnya.

Psycho Experientia 2019? Lanjutkan langkah, siap berdinamika!

~Tim insight

Buka Bersama Fakultas Psikologi 2024

Buka bersama sivitas akademika Fakultas Psikologi UNAIR

Ada yang baru di Psikologi nih!

Pada tanggal 7 dan 8 Maret 2024 setelah dilaksanakannya Sidang Kosma I, BLM KM Fakultas Psikologi Universitas Airlangga men…

Read More »