Magister Psikologi Terapan

SEKILAS PRODI
Minat masyarakat akan perkembangan ilmu psikologi semakin tinggi, hal ini dibuktikan dengan kebutuhan terhadap penerapan ilmu psikologi di berbagai sektor masih menjadi perhatian banyak pihak termasuk didalamnya dalam sektor industri dan organisasi. Untuk menjawab tantangan tersebut, Fakultas Psikologi Universitas Airlangga mendirikan Magister Psikologi Terapan: Peminatan Perubahan dan Pengembangan Organisasi. Magister Psikologi Terapan adalah program yang ditawarkan untuk memenuhi kebutuhan akan minat psikologi, dengan latar belakang bidang studi non-psikologi. Disamping itu, kebutuhan akan perubahan dan pengembangan organisasi untuk menjawab tantangan persaingan pun juga semakin meningkat, oleh karena itu pendidikan magister terapan ini memberikan dasar dan kajian tentang perubahan dan pengembangan organisasi, terutama dengan menggunakan pendekatan-pendekatan psikologis, karena hal yang menantang dari perubahan dan pengembangan ini adalah merubah manusia yang ada di organisasi tersebut. Keunggulan yang diberikan dari program studi Magister Psikologi Terapan dengan peminatan Perubahan dan Pengembangan Organisasi:
  1. Program studi satu-satunya yang berbasis pada Psikologi Terapan dengan peminatan spesifik Perubahan dan Pengembangan Organisasi di Indonesia.
  2. Menekankan pada scientist-practitioner approach, dimana perpaduan antara akademisi dan juga dunia praktisi dalam pengajarannya.
Program studi Magister Psikologi Terapan peminatan Perubahan dan Pengembangan Organisasi ini memberikan kesempatan bagi anda untuk belajar lebih dalam bagaimana perubahan dan pengembangan organisasi dilakukan secara terencana dan berfokus pada keunggulan manusia yang ada didalamnya. Di dukung dengan akademisi dan praktisi yang berpengalaman, maka pendidikan ini dapat memenuhi kebutuhan anda di dunia praktek, dan menyelesaikan pendidikan tepat waktu.   Mari bergabung bersama kami untuk terus berimajinasi, belajar dan berkarya untuk kehidupan
Visi Program Studi Magister Psikologi Terapan Universitas Airlangga
Menjadi Program Studi Magister Psikologi Terapan yang mandiri, inovatif, terkemuka di tingkat nasional maupun internasional, pelopor pengembangan ilmu dan teknologi berbasis psikologi berdasarkan moral agama. Visi memberikan panduan bagi program studi untuk mencapai tujuannya, dengan visi ini pula yang membuat kami untuk terus berupaya melakukan yang terbaik dalam menjalankan program studi.
Misi Program Studi Magister Psikologi Terapan Universitas Airlangga
  1. Menghasilkan lulusan Magister Psikologi Terapan yang berilmu, memiliki kemampuan akademik yang tinggi, kreatif, dinamis, profesional dan berdaya saing tinggi.
  2. Menyelenggarakan pendidikan akademik dan profesional psikologi berbasis metode pembelajaran modern.
  3. Menyelenggarakan penelitian dasar dan terapan di bidang psikologi yang inovatif untuk menunjang pengembangan pendidikan dan pengabdian pada masyarakat.
  4. Mendarmabaktikan keahlian dalam bidang psikologi kepada masyarakat.
  5. Mengupayakan kemandirian dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi melalui pengembangan kelembagaan manajemen modern yang berorientasi pada mutu dan kemampuan bersaing
Misi adalah alasan bagi program studi untuk terus berkontribusi di masyarakat, berdasarkan misi yang tercetus diatas, program studi magister psikologi terapan berusaha untuk meningkatkan kompetensi, profesionalitas dan juga kontribusi lulusan kepada masyarakat, membangun budaya belajar menjadi satu keharusan untuk memenuhi misi-misi tersebut.
Tujuan Program Studi Magister Psikologi Terapan Universitas Airlangga
Tujuan dari program studi magister psikologi terapan, dengan peminatan perubahan dan pengembangan organisasi adalah sebagai berikut:
  1. Menghasilkan lulusan yang mampu mengenali dan mengembangkan dirinya sendiri serta mampu melakukan perubahan berdasarkan pengenalan dirinya tersebut;
  2. Menghasilkan lulusan yang mampu melakukan pembelajaran mandiri secara berkelanjutan;
  3. Menghasilkan lulusan yang memiliki pengetahuan mengenai pengembangan dan perubahan organisasi;
  4. Menghasilkan lulusan yang terampil melakukan pengembangan dan perubahan organisasi sebagai sebuah sistem utuh (whole system) berdasarkan kaidah-kaidah keilmuan untuk mewujudkan organisasi yang berkembang secara berkelanjutan;
  5. Menghasilkan lulusan yang memiliki etika dalam melakukan pengembangan dan perubahan organisasi.
Berdasarkan tujuan-tujuan tersebut, diharapkan lulusan program studi Magister Psikologi Terapan dapat menerapkan ilmu yang dipelajari didasarkan pada konsep psikologi, sehingga dapat berkontribusi di tengah-tengah masyarakat pada umumnya, dan organisasinya pada khususnya.
STRUKTUR KURIKULUM
 
No. Mata Kuliah SKS Elemen Kompetensi
Kode Nama
1 2 3 4 5
SEMESTER 1: KOMPETENSI PERSONAL-INTERPERSONAL
WAJIB
1 PSI610 Manajemen Diri 4 MPK
2 PSI611 Filsafat Ilmu: Psikologi Perubahan Organisasi 3 MKK
3 PSI612 Kepemimpinan Resonan 3 MKK
4 PSI614 Berpikir Sistemik 3 MKK
5 PSI613 Perilaku Organisasi 3 MKK
6 PSI615 Manajemen Strategis 3 MKK
JUMLAH BEBAN STUDI SEMESTER 1 19
SEMESTER 2: KOMPETENSI ANALITIS-ORGANISASI & KOMPETENSI BERTINDAK
WAJIB
1 PSI618 Metode Riset Tindakan 4 MKK
2 PSI617 Desain Organisasi 3 MKB
3 PSI623 Perubahan Organisasi 3 MPB
4 PSI619 Keterampilan Fasilitasi dan Konsultasi 3 MKB
5 PSI620 Coaching berbasis Psikologi Positif 3 MPB
6 PSI616 Konstruksi Alat Ukur 3 MKB
JUMLAH BEBAN STUDI SEMESTER 2 19
SEMESTER 3: INTEGRASI
WAJIB
1 PSI622 Penguatan Kompetensi Praktisi PPO 4 MPB
2 PNP699 Tesis 6 MPB
JUMLAH BEBAN STUDI SEMESTER 3 10
JUMLAH BEBAN STUDI PROGRAM STUDI 48
 
Tahun ke II Semester III (10 sks) Penguatan Kompetensi Perubahan dan Pengembangan Organisasi (4 sks) Tesis ( 6 sks)
Tahun ke I Semester II (19 sks) Metode riset tindakan (4 sks) Desain Organisasi (3 sks) Perubahan Organisasi (3 sks) Keterampilan Fasilitasi dan Konsultasi (3 sks) Coaching berbasis Psikologi Positif (3 sks) Konstruksi Alat Ukur (3 sks)
Semester I (19 sks) Manajemen Diri (4 sks) Filsafat Ilmu (3 sks) Kepemimpinan Resonan (3 sks) Berpikir Sistemik (3 sks) Perilaku Organisasi (3 sks) Manajemen Strategis (3 sks)
PERKULIAHAN
Perkuliahan pada Program Studi Magister Psikologi Terapan diselenggarakan dengan sistem kuliah tatap muka, seminar, studi mandiri dan komunikasi ilmiah, penelitian dan penulisan karya ilmiah. Perkuliahan tatap muka di kelas dilaksanakan pada hari berikut:
  • Kamis, pkl. 17.00-20.00 WIB
  • Jumat, pkl. 17.00-20.00 WIB
  • Sabtu, pkl. 09.00-15.00 WIB
  • Minggu, pkl 09.00 – 15.00 WIB
Perkuliahan di hari Minggu diperuntukkan untuk dosen-dosen praktisi.
  1. Seminar, studi mandiri dan komunikasi ilmiah, penelitian dan penulisan karya ilmiah, untuk kepentingan perkuliahan maupun proses penyusunan disertasi, dapat berlangsung di luar jadual perkuliahan diatas.
  2. Diskusi kelompok terstruktur dilakukan selama 2 (dua) kali pada semester I dan II dengan tujuan memfasilitasi mahasiswa untuk (1) menemukan dan merumuskan permasalahan penelitian disertasi; (2) menyusun kerangka konseptual sebagai landasan teori dalam membangun hipotesis; dan (3) menyusun desain dan metode penelitian yang tepat untuk permasalahan penelitian disertasi.
  3. Mahasiswa wajib mengikuti perkuliahan tatap muka yang dijadwalkan minimal 75%, Mahasiswa kehilangan hak untuk dilakukan evaluasi belajarnya dan akan mendapatkan nilai E untuk matakuliah tersebut apabila kehadiran perkuliahan kurang dari 75%.
  4. Mahasiswa wajib mengikuti kegiatan seminar dan melaksanakan studi mandiri dan komunikasi ilmiah, serta penelitian dan penulisan karya ilmiah, dan juga diskusi kelompok terstruktur,
Mahasiswa dapat meminta ijin ketidakhadiran dalam kegiatan perkuliahan, seminar, dan kegiatan lainnya yang dilaksanakan oleh program studi kepada Koordinator Program Studi secara tertulis, apabila sakit, melaksanakan tugas fakultas/universitas, atau tugas lainnya.
KOMPETENSI LULUSAN
Lulusan program studi Magister Psikologi Terapan dengan peminatan Perubahan dan Pengembangan Organisasi ini diharapkan memiliki standar kualifikasi yang mencakup sikap, pengetahuan dan keterampilan yang terangkum dalam lima kompetensi sebagai berikut:
  1. Kompetensi Personal (Personal Competence), yaitu kapasitas menyadari dan mengelola diri sehingga dapat menjadikan diri sebagai praktisi sekaligus model perubahan. Kapasitas ini diperlukan agar praktisi perubahan menyadari dampak kehadiran dirinya dalam proses pengembangan organisasi.
  2. Kompetensi Interpersonal (Interpersonal Competence), yaitu kapasitas memahami orang lain dan mengelola relasi interpersonal dengan orang yang terlibat dalam proses pengembangan organisasi. Kapasitas ini terutama diperlukan praktisi perubahan dalam mengembangkan kapasitas personal baik melalui aktivitas coaching, mentoring maupun fasilitasi proses kelompok.
  3. Kompetensi Organisasi (Organizational Competence), yaitu kapasitas memahami organisasi sebagai sebuah sistem yang mempunyai seperangkat nilai, keunikan, dan norma tersendiri. Kapasitas ini diperlukan agar praktisi perubahan menyadari setiap tindakan pengembangan organisasi berada dalam sebuah konteks sosial tertentu. Sekaligus menyadari dampak dari setiap tindakan terhadap organisasi secara menyeluruh.
  4. Kompetensi Analitis (Analytical Competence), yaitu kapabilitas untuk mengumpulkan, mengorganisasikan, menginterpretasikan dan menggunakan informasi yang relevan dari setting sosial dan organisasi. Sebagai praktisi perubahan, penting mendapatkan data yang tepat agar bisa mengelola pengembangan organisasi secara efektif.
  5. Kompetensi Bertindak (Action Competence), yaitu kapasitas menentukan tindakan yang tepat dalam kerangka pengembangan organisasi untuk menciptakan nilai tambah bagi organisasi dan komunitas disekitar. Bertindak yang tepat membutuhkan sebuah sasaran yang sesuai dengan kebutuhan organisasi dan para anggotanya. Kapasitas ini diperlukan agar praktisi perubahan mampu melakukan intervensi dan pengelolaan proses pengembangan organisasi.
Lulusan program studi ini akan bergelar Magister Psikologi Terapan, (M.Psi.T)