Fakultas Psikologi Universitas Airlangga

Harmoni Ramadhan: Kolaborasi Psinergi Universitas Airlangga dengan Komunitas Kampoeng Dolanan

Dalam nuansa kehangatan bulan Ramadhan, Psinergi akronim dari Psikologi Senang Berbagi yang merupakan sebuah program kerja yang dirancang oleh Departemen Pengabdian Masyarakat BEM KM Fakultas Psikologi Universitas Airlangga, mengadakan acara buka bersama dengan tujuan menebar kebahagiaan untuk masyarakat. Kegiatan ini berkolaborasi dengan Komunitas Kampoeng Dolanan untuk menggelar kegiatan buka bersama yang berlokasi di daerah Jl. Kenjeran VA RT 01. RW.02 Simokerto, Surabaya pada Sabtu (23/03/2024). Acara ini dihadiri oleh 47 peserta yang merupakan anak-anak dari Kampoeng Dolanan.

Psinergi pada tahun ini dibagi menjadi dua kegiatan yaitu Psinergi Kareem yang mengajak KM Psikologi Universitas Airlangga untuk berdonasi serta berbuka bersama dalam rangka bulan ramadhan. Kegiatan kedua yaitu Psinergi Berkah dengan kegiatan berbagi makanan di hari Jumat sebanyak 5 kali dalam satu tahun kepengurusan. Program ini sudah dilaksanakan 3 tahun berturut-turut dari tahun 2020-2023 namun di tiap tahunnya memiliki konsep yang berbeda.

Psinergi memiliki tujuan utama yaitu mengajak seluruh KM Fakultas Psikologi Universitas Airlangga untuk berkontribusi kepada masyarakat dengan mendonasikan barang-barang yang dibutuhkan, terdiri dari alat tulis dan seperangkat alat salat seperti mukena, sarung, sajadah, dan juz amma. Dengan ini, Psinergi berupaya menyelaraskan dampak kegiatan dengan indikator Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). Psinergi dapat berkontribusi pada poin 1 SDGs, yaitu “Tidak Ada Kemiskinan” (No Poverty), dengan memberikan akses yang lebih baik terhadap kebutuhan bagi masyarakat yang berada dalam kondisi kurang mampu atau rentan terhadap kemiskinan. Selain itu, program ini juga dapat berperan dalam poin 10 SDGs, yaitu “Pengurangan Ketidaksetaraan” (Reduced Inequalities) dengan memberikan bantuan kepada mereka yang membutuhkan, kegiatan ini dapat berperan dalam meminimalkan ketidaksetaraan antara kelompok yang lebih beruntung dan mereka yang membutuhkan.

Antusiasme KM Psikologi Universitas Airlangga sangatlah tinggi, terlihat dari terkumpulnya donasi yang melebihi target. KM Psikologi juga merasa sangat senang karena bisa berbagi dengan berdonasi melalui program Psinergi. “Senang sekali bisa berbagi buat adik adik di kampoeng dolanan, semoga mereka senang dan barang-barangnya bisa bermanfaat untuk mereka semua” ungkap Zahra, salah satu KM Psikologi.

Sembari menunggu waktu berbuka, para peserta diajak untuk melakukan kegiatan edukatif yang dikemas secara menyenangkan. Kegiatan yang pertama adalah menggambar dengan tema “Petualangan Masa Depan”. Para peserta dibebaskan untuk menuangkan keinginan mereka akan masa depan di sebuah kertas dengan pensil warna yang telah disediakan. Tujuan dari kegiatan ini adalah mengekspresikan impian serta harapan mereka untuk masa depan. “Alasan mengapa diadakan kegiatan ini adalah untuk membantu adik-adik lebih memahami diri sendiri, apa yang mereka inginkan, dan bagaimana mereka ingin melihat masa depan. Dituangkan dalam bentuk gambar juga agar bisa mendorong kreativitas mereka.” Ungkap Tazki, ketua pelaksana Psinergi.

Setelah menggambar, para peserta juga diajak untuk menceritakan alasan mengapa memilih objek yang digambar dan keinginannya di masa depan. Tak hanya menggambar, para peserta juga diajak untuk bermain game, yaitu benar salah dengan melompat dan beberapa kuis. Kegiatan selanjutnya adalah pembagian hasil donasi dari KM Psikologi yang diberikan kepada anak-anak dan pihak Kampoeng Dolanan.

Kegiatan yang paling ditunggu-tunggu adalah buka bersama. Ketika adzan berkumandang, para peserta dengan semangat membaca doa buka bersama dengan suara yang lantang. Setelah itu, mereka mulai menyantap makanan dan minuman yang telah disediakan. Setelah sesi buka bersama, acara ditutup oleh MC. Para peserta terlihat sangat senang dan menikmati acara. Beberapa dari mereka menyatakan bahwa kegiatan asyik dan seru.

Psychocup 2024: Psychovisma

Psychocup merupakan acara tahunan yang dilaksanakan oleh Departemen Pengembangan Minat dan Bakat (Pemikat) BEM KM Fakultas Psikologi Universitas Airlangga berupa pertandingan serta perlombaan di bidang non akademik serta akad…

Read More »

Pengajuan Keringanan UKT bagi Mahasiswa S1 Semester Akhir Tinggal Skripsi

Read More »

Workshop Parfum Pemikat Corner

Sebagai anggota BEM Departemen Pengembangan Minat dan Bakat Fakultas Psikologi Universitas Airlangga, kami selalu berusaha untuk mengembangkan potensi, minat serta bakat KM Psikologi UNAIR…

Read More »