VISI FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS AIRLANGGA

Menjadi salah satu Fakultas Psikologi yang mandiri, inovatif, terkemuka di tingkat nasional maupun internasional, pelopor pengembangan ilmu dan teknologi berbasis Psikologi berdasarkan moral agama.

 

MISI FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS AIRLANGGA

  1. Menyelenggarakan pendidikan akademik dan profesional psikologi berbasis metode pembelajaran modern.
  2. Menyelenggarakan penelitian dasar dan terapan di bidang psikologi yang inovatif untuk menunjang pengembangan pendidikan dan pengabdian pada masyarakat.
  3. Mendarmabaktikan keahlian dalam bidang psikologi kepada masyarakat.
  4. Mengupayakan kemandirian dalam pelaksanaan tri dharma pendidikan tinggi melalui pengembangan kelembagaan manajemen modern yang berorientasi pada mutu dan kemampuan bersaing.

 

SEJARAH FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS AIRLANGGA

Masa Studi Penjajagan

Sejarah berdirinya pendidikan psikologi di Universitas Airlangga dimulai dengan suatu Studi Penjajagan Pendidikan Fakultas Psikologi Universitas Airlangga yang dilakukan berdasarkan Surat Keputusan Rektor 076/PT.03.B/08/1981 tanggal 25 September 1981 oleh Rektor Universitas Airlangga, Prof. Marsetio Donosepoetro. Studi penjajagan tersebut dilakukan dengan dasar pertimbangan: pertama, sebagai upaya pengembangan pendidikan di Universitas Airlangga, kedua, meningkatnya kebutuhan masyarakat akan layanan psikologi baik masyarakat awam maupun di dunia industri, dan ketiga, belum adanya pendidikan psikologi yang berdiri di Surabaya khususnya dan di Indonesia Timur pada umumnya yang dituangkan dalam Rencana Induk Pengembangan (RIP) Universitas Airlangga tahun 1980-1990. Panitia studi penjajagan tersebut adalah Dr. Lukas Widyanto (Penanggung Jawab), Sutandyo Wignjosoebroto, MPA (Ketua), Soedaryono, Drs., Psi (Sekretaris), Prihastuti, Dra. Psi (Anggota) dan Lies Setiawati, Dra.Psi (Anggota).

Persiapan Pendirian Fakultas Psikologi Universitas Airlangga

Berdasarkan hasil studi penjajagan yang dilaporkan kepada Rektor, maka Rektor kemudian menerbitkan Surat Keputusan nomor: 8794/PT.03.1/E/1982 tertanggal 9 Oktober 1982 tentang dibentuknya Panitia Persiapan Pendirian Fakultas Psikologi. Panitia persiapan tersebut terdiri atas: Dr. Lukas Widyanto (Koordinator, saat itu menjabat sebagai PR I Universitas Airlangga), dr. W.F. Maramis (Ketua), Sutandyo Wignjosoebroto, MPA (Wakil Ketua, saat itu menjabat sebagai Dekan Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik Universitas Airlangga), Sudaryono, Drs. Psi (Sekretaris I), Lies Setiowati, Drs. Psi (Sekretaris II), Hawaim Machrus, Drs. Psi (Anggota), E. M. Agus Subekti, Drs.Psi (Anggota), Duta Nurdibyanandaru, Drs. Psi (Anggota).

Pembukaan Program Studi Psikologi

Pembukaan Program Studi pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Airlangga ditetapkan keputusannya oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 6/DJ/Kep/1983 tertanggal 12 Pebruari 1983 di Jakarta yang ditandatangani oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi D.A Tisna Amidjaja. Isi Keputusan Dirjen tersebut yaitu: (1) Membentuk Program Studi Psikologi pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Airlangga; (2) Program Studi Psikologi tersebut merupakan Program Studi Psikologi pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, mengingat tidak ada jurusan di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik yang relevan yang dapat mewadahinya; (3) Penyelenggaraan Program Studi yang dimaksud pada di atas dipimpin oleh Ketua yang bertanggung jawab langsung kepada Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Airlangga; (4) Biaya penyelenggaraan dan pengelolaan Program Studi Psikologi dibebankan pada anggaran Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Airlangg; (5) Hal-hal lain yang belum diatur dalam keputusan ini akan ditetapkan dalam keputusan tersendiri; (6) Jika ternyata terdapat kekeliruan dalam keputusan ini akan diadakan perubahan sebagaimana mestinya; (7) Keputusan ini mulai berlaku pada tanggal 1 Juli 1983. Segera setelah surat Dirjen Dikti datang dari Jakarta, Rektor Universitas Airlangga, Prof. Dr. Marsetio Donosepoetro kemudian menerbitkan Surat Keputusan Rektor Nomor: 1848/PT.03.1./C/1983 tertanggal 4 April 1983 yang isinya mengangkat pejabat Ketua Program Studi Psikologi pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Airlangga. Keputusan itu mengangkat dr. W.F. Maramis sebagai pejabat Ketua Program Studi Psikologi pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Airlangga. Dengan terbentuknya Program Studi Psikologi ini, operasional proses belajar mengajar dilaksanakan di lingkungan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Airlangga. Tidak hanya gedungnya saja yang “nebeng” di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, tetapi mata kuliah pun juga tidak lepas dari pengaruh Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, khususnya Sosiologi dan Antropologi. Warna “sosial” di era awal program studi sangat jelas sekali. Selain di Gedung Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, perkuliahan juga dilaksanakan di Gedung Sempalan FMIPA yang letaknya di depan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik.

Pembentukan Jurusan

Pembentukan Jurusan Psikologi di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, ditetapkan berdasarkan SK Rektor Universitas Airlangga 183/PT.03.H/C/1991 tertanggal 8 Januari 1991. Pembentukan SK ini didasarkan pada Surat Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Airlangga Nomor 537/PT.03.H4/FISIP/C/III/1990 tanggal 14 Maret 1990, yang mengusulkan terbentuknya Jurusan Psikologi di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Airlangga.

Persiapan Pendirian Fakultas

Usaha mendirikan Fakultas Psikologi dari satus sebelumnya sebagai jurusan psikologi memerlukan persiapan yang harus dipenuhi. Untuk itu Rektor Universitas Airlangga dalam hal ini Pembantu Rektor I menyurati Ketua Konsorsium Psikologi dengan Nomor surat 7477/PT03.H1/E/1991 tertanggal 19 September 1991 untuk mendapatkan persetujuan dan saran-saran berkenaan dengan rencana pendirian Fakultas Psikologi Universitas Airlangga. Setelah kunjungan dilakukan, Rektor Universitas Airlangga dalam hal ini Pembantu Rektor II, dr. Soedoko Sidohoetomo dengan surat Nomor 7768/PT03.H2/I/1991 mengundang Prof. Dr. H. Masrun, MA sebagai Ketua Konsorsium Psikologi untuk meninjau Jurusan Psikologi Universitas Airlangga sebagai bagian dari upaya mempersiapkan pendirian Fakultas Psikologi. Kunjungan tersebut dilaksanakan pada hari Rabu Tanggal 2 Oktober 1991 bertempat di Jurusan Psikologi Universitas Airlangga.

Pembukaan Fakultas Psikologi

Pembukaan Fakultas Psikologi Universitas Airlangga ini dilakukan setelah turunnya Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor: 0372/0/1993 tertanggal 21 Oktober 1993 yang ditandatangani oleh Prof Dr. Ing Wardiman Djojonegoro. Surat Keputusan ini turun bersamaan dengan pendirian Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga

 

PIMPINAN FAKULTAS

 

 

DEKAN

Dr. Seger Handoyo

 

 

 

 

WAKIL DEKAN I

Bidang Akademik

& Kemahasiswaan

Ilham Nuralfian, M.Psi

WAKIL DEKAN II

Bidang Sumberdaya

& Keuangan

Samian, M.Psi

WAKIL DEKAN III

Bidang Kerjasama, Alumni,

& Teknologi Informasi

Endah Mastuti, S.Psi, M.Si

 

  

RIWAYAT DEKAN

 

Dekan Pertama
(1994—1997)

Nama Prof. Dr. dr. Hanafi Mulyohardjono, Sp.Kj.
Tempat, tanggal lahir Blitar, 01 September 1941
Pangkat (Gol/ruang) Pembina Utama Madya (Gol IV/d)
Jabatan fungsional Guru Besar
Bidang Keahlian Kedokteran Jiwa
Unit Kerja Fakultas Kedokteran Umum Unair

Dekan Kedua
(1997—2000)

Nama Prof. dr. Marlina Setiawati Mahajudin, Sp.Kj
Tempat, tanggal lahir Padang Sidempuan, 04 Desember 1947
Pangkat (Gol/ruang) Pembina Utama Madya (Gol IV/d)
Jabatan fungsional Guru Besar
Bidang Keahlian Kedokteran Jiwa
Unit Kerja Fakultas Kedokteran Umum Unair

Dekan Ketiga
(2000—2007)

Nama Prof. Dr. H. Muhamad Zainudin, Apt
Tempat, tanggal lahir Madiun, 18 September 1945
Pangkat (Gol/ruang) Pembina Utama Madya (Gol IV/d)
Jabatan fungsional Guru Besar
Bidang Keahlian Kimia Farmasi
Unit Kerja Fakultas Farmasi Unair

Dekan Keempat
(2007—Sekarang)

Nama Dr. Seger Handoyo
Tempat, tanggal lahir Bojonegoro, 16 Februari 1967
Pangkat (Gol/ruang) Pembina (Gol IV/a)
Jabatan fungsional Lektor Kepala
Bidang Keahlian Psikologi Industri
Unit Kerja Fakultas Psikologi Unair