PKPK (Crisis Centre and Community Development)

Pusat Krisis dan Pengembangan Komunitas

Visi
Mengembangkan model pemecahan masalah sosial sebagai aplikasi aspek terapan psikologi sosial dalam rangka menciptakan masyarakat yang sejahtera dan berkeadilan sosial.
Misi
Pusat Krisis dan Pengembangan Komunitas (PKPK) berusaha menjadi:
  • Pusat kajian terapan psikologi dalam konteks masyarakat Indonesia
  • Pusat pengembangan riset terapan serta asesmen komunitas dan analisis sosial
  • Pusat penyusunan model penyelesaian masalah sosial berbasis kajian psikologi sosial
  • Pusat informasi kajian terapan psikologi sosial dan model penyelesaian masalah sosial dan pemberdayaan masyarakat berbasis kajian psikologi sosial
Slogan
Partisipatif untuk masyarakat berdikari
1. Kajian dan riset psikologi terapan
Melakukan kajian dan penelitian dengan perspektif psikologi terapan dalam bingkai model teoritis psikologi sosial, baik secara mandiri, maupun secara kolaboratif dengan pihak lain mengenai berbagai dimensi permasalahan masyarakat Indonesia. Kajian dan penelitian ini merupakan aplikasi dan pengembangan konsep dan teori psikologi sosial dalam konteks masyarakat Indonesia. Kajian dan penelitian dapat bertujuan sebagai bagian dari pengumpulan data, penelitian suatu fenomena sosial tertentu atau penelitian yang berorientasi kebijakan (policy research).

2. Penyusunan model penyelesaian masalah sosial berbasis kajian psikologi sosial
  • PKPK berkompeten dalam kajian dasar satu persoalan sosial untuk menemukan variabel-variabel dasar dan dinamika persoalan sosial. Luaran dari kegiatan ini adalah laporan kajian (working paper/policy paper/policy brief) yang komprehensif dan komunikatif bagi masyarakat awam dan pengambil kebijakan, baik dalam bentuk laporan tertulis maupun multimedia.
  • PKPK berkompeten menyusun suatu model penyelesaian masalah sosial berbasis kajian psikologi sosial. Kegiatan ini dimulai dari tahap asesmen komunitas, analisis masalah, penyusunan solusi, uji coba model, tahap implementasi sampai dengan evaluasi model.
  • PKPK berkompeten merancang model kegiatan kemasyarakatan yang ditujukan sebagai bentuk tanggungjawab sosial korporat (Corporate Social Responsibility – CSR) dan tanggungjawab sosial institusi (Institutional Social Responsibility – ISR). Kegiatan ini didasarkan pada analisis karakteristik sosial khas dan kebutuhan masyarakat lokal, prinsip-prinsip tanggungjawab sosial korporat dan institusi yang bersangkutan, dan khasanah kajian psikologi sosial. Model kegiatan tanggungjawab sosial korporat dan institusi dengan demikian diharapkan tidak saja difokuskan dalam memenuhi kebutuhan aspek fisik masyarakat, tetapi juga memenuhi kebutuhan psikologis masyarakat.

3. Desain intervensi sosial dalam konteks pengelolaan situasi bencana
Bagian ini merupakan fokus Pusat Krisis dan Pengembangan Komunitas (PKPK). Kegiatan yang dilakukan adalah kajian dan penelitian dalam bidang penanganan bencana baik di tingkat mitigasi/pengurangan resiko bencana, penanganan bencana (rapid response), maupun tahap pemulihan pasca-bencana.

4. Pelatihan bidang psikologi sosial terapan dan model pemberdayaan masyarakat
Kegiatan ini adalah upaya mengedukasi masyarakat yang bertujuan utama untuk mendorong masyarakat agar berdaya dalam menyelesaikan persoalannya sendiri, serta salah satu bentuk diversifikasi kompetensi Pusat Krisis dan Pengembangan Komunitas (PKPK), baik di kalangan akademis, maupun masyarakat awam.
Gedung Unit Terapan Psikologi Lantai 3, Kampus B Universitas Airlangga, Jalan Airlangga 4-6 Surabaya – 60286
Telepon : 031-5032770 Ext. 307
Website : pkpkunair.com
E-mail : admin@pkpkunair.com
Contact person : Rizqy Amelia Zein (08563174903 – amelia.zein@psikologi.unair.ac.id)

logo-pkpk pkpk-foto