Tentang Airlangga Cognitive Ability Test

Airlangga Cognitive Ability Test (ACAT) merupakan tes kemampuan kognitif yang diselenggarakan oleh Fakultas Psikologi Universitas Airlangga. Tes ini menjadi salah satu yang dipercaya dan diakui oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan seperti (1) Pengurusan NIDN; (2) Sertifikasi Dosen; (3) Persyaratan Seleksi Masuk; (4) Persyaratan Beasiswa; (5) Persyaratan kelulusan; (6) Seleksi penerimaan kerja; (7) Kebutuhan personal; dsb.

KEMDIKBUDRISTEK

Nomor Induk Dosen Nasional (NIDN)
Sertifikasi Dosen (SERDOS)
 

PENDIDIKAN

Persyaratan Seleksi Masuk
Persyaratan Kelulusan
Persyaratan Beasiswa

UMUM

Seleksi Penerimaan Kerja
Kebutuhan Personal
Dll


Biaya:

Biaya tes sebesar Rp. 400.xxx,- (Empat Ratus Ribu + 3 digit kode bayar Rupiah) Per Peserta.

Keterangan: xxx adalah kode bayar unik untuk setiap pendaftar.

Persyaratan dan Kebutuhan Tes secara Daring

  1. Ruangan yang tenang dan nyaman untuk melakukan ujian, serta dengan pencahayaan yang cukup
  2. Komputer jinjing (laptop). Anda hanya diperkenankan untuk mengikuti ujian melalui laptop, bukan dari piranti lainnya dengan spesifikasi sebagai berikut:
    • sistem operasi minimal Windows 10 (sistem operasi macintosh/linux tidak dapat digunakan dalam tes ini)
    • prosesor minimal dual core 1GHz dan RAM minimal 4GB
    • ukuran layar minimal monitor 14″
    • mematikan antivirus dan update otomatis sistem Windows pada saat pelaksanaan tes
  3. Piranti keras lainnya yang harus dipastikan dapat berfungsi dengan baik
    • Web camera
    • Microphone
    • Audio speaker (bisa berupa headphones atau earphones)
  4. Jaringan internet yang lancar dan stabil, dengan minimal kecepatan 4G/10Mbps (upload dan download)
  5. Aplikasi-aplikasi yang dibutuhkan dalam tes (lihat bagian persiapan)
  6. Anda dapat memastikan fungsionalitas Web camera, Microphone dan Audio speaker anda dengan melakukan pengecekan di : https://webrtc.github.io/samples/src/content/devices/input-output/
  7. Untuk pengecekan koneksi ke server ACAT silakan klik : https://speedtest.unair.ac.id

Peraturan Pelaksanaan Tes secara Daring

  1. Peserta harus mengerjakan ACAT secara mandiri dan tidak dibantu oleh orang lain
  2. Peserta tidak diperbolehkan mendokumentasikan dan menyebarluaskan soal ACAT dalam bentuk apapun
  3. Peserta tidak diperbolehkan menyebarluaskan seluruh panduan dan dokumen pendukung ACAT setelah selesai melaksanakan tes
  4. Peserta tidak diperbolehkan menyimpan seluruh panduan dan dokumen pendukung ACAT setelah selesai melaksanakan tes
  5. Panitia berhak menyetujui atau menolak pendaftar ACAT berdasarkan pertimbangan tertentu pada formulir pendaftaran
  6. Panitia berhak menghentikan pelaksanaan ACAT yang sedang berjalan, atau tidak mengeluarkan sertifikat ACAT jika mendapati peserta melakukan tindakan kecurangan, atau melanggar peraturan yang berlaku
  7. Peserta tidak dapat meminta perubahan jadwal tes dengan alasan apapun
  8. Biaya pendaftaran yang sudah dibayarkan, tidak bisa diuangkan kembali, dengan alasan apapun

Prosedur

Prosedur Pendaftaran Tes secara Daring

  1. Mendaftar online di laman psikologi.unair.ac.id/ACAT/register
  2. Menyiapkan dokumen softcopy (file) berupa scan KTP dan pas photo berwarna ukuran 4 x 6 file format JPG dengan ukuran file maksimal 2 MB dengan ketentuan:
    • Laki-laki warna latar Biru
    • Perempuan warna latar Merah
  3. Mengisi data pendaftaran serta meng-upload file scan KTP
  4. Memilih jadwal yang tersedia
  5. Setelah mendaftar online, anda akan mendapatkan email yang berisi informasi:
    • Akun peserta ACAT
    • Link download petunjuk pelaksanaan tes
    • Prosedur pembayaran (no. rekening dan jumlah yang harus dibayarkan, pastikan anda membayar sesuai sampai pada tiga digit terakhir).
  6. Akun peserta ACAT digunakan untuk login (https://psikologi.unair.ac.id/ACAT/peserta/) ketika akan melakukan update data diri, meng-upload bukti pembayaran dan Surat Pernyataan yang telah Anda tanda tangani
  7. Download petunjuk pelaksanaan tes, pelajari dan ikuti petunjuknya
  8. Install aplikasi tes di komputer jinjing atau laptop (windows 10) anda dan pastikan aplikasi tersebut bisa beroperasi dengan baik
  9. Lakukan pembayaran (melalui Bank/ATM/Internet banking/Mobile banking/Dompet elektronik) dan upload bukti pembayaran. Anda diberikan batas waktu melakukan pembayaran selama 3 jam dari waktu mendaftar. Jika melebihi dari batas waktu tersebut Anda belum meng-upload bukti pembayaran, maka pendaftaran Anda dibatalkan secara otomatis oleh sistem (akun dinonaktifkan) dan Anda diharuskan melakukan proses pendaftaran dari awal lagi
  10. Upload Surat Pernyataan yang telah Anda tanda tangani
  11. Jadwal tes yang telah Anda pilih tidak dapat diubah dengan alasan apapun
  12. Cetak kartu peserta ACAT Anda untuk memudahkan pada saat pelaksanaan tes
  13. Cek kembali jadwal pelaksanaan ACAT dan sesuaikan dengan zona waktu tempat Anda berada
  14. Mohon siap paling lambat 30 menit sebelum pelaksanaan tes dengan menyiapkan kartu peserta yang telah Anda cetak
  15. Setiap sesi tes akan diawasi melalui aplikasi online meeting. Satu orang pengawas akan mengawasi ± 20 orang peserta tes
  16. Peserta yang tidak mengikuti tes sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan tidak dapat menarik kembali pembayaran yang telah dilakukan

Hasil tes (sertifikat) akan dikirimkan melalui email selambat-lambatnya 1x24 jam setelah pelaksanaan tes.


Prosedur dan Ketetapan Selama Pelaksanaan Tes

  1. Peserta harus masuk ke aplikasi ACAT dan zoom (online meeting conference) maksimal 30 menit sebelum jadwal ujian dimulai
  2. Peserta harus sudah melakukan instalasi perangkat dan aplikasi yang dipersyaratkan oleh panitia. Peserta yang belum menginstall akan dikeluarkan dari partisipasi pada hari/sesi itu dan dinyatakan diskualifikasi
  3. Selama mengerjakan tes. Peserta menghadap ke layar monitor dengan posisi sesuai dengan aturan (100 persen wajah dan bahu tampak terlihat di layar monitor)
  4. Selama pengerjaan tes, peserta harus tetap mengaktifkan video camera (webcam) dan microphone
  5. Jika terjadi putus koneksi internet yang terjadi pada server maka panitia akan mengulangi proses pelaksanaan ACAT setelah koneksi tersambung
  6. Jika terjadi putus koneksi dan mati webcam terjadi pada peserta maka tester akan memutuskan apakah peserta diperbolehkan melanjutkan tes yang sudah dilaksanakan atau tidak, berdasarkan informasi dan data dari Admin IT
  7. Peserta wajib terhubung dengan panitia melalui zoom (online meeting conference) mulai dari proses verifikasi data sampai dengan selesai pengerjaan tes
  8. Peserta yang tidak hadir dalam zoom (online meeting conference), dan tidak melalui proses verifikasi data dinyatakan didiskualifikasi
  9. Peserta yang mengalami kendala teknis saat pelaksanaan telah dimulai dan tidak dapat diselesaikan, maka dinyatakan didiskualifikasi
  10. Tes akan diawali bersama-sama, peserta diwajibkan mengikuti arahan dari tester, dalam setiap tahapan tes

Bantuan

Hal Sering Ditanyakan

Troubleshooting

Jadwal Tes

Belum ada jadwal untuk saat ini.

Dapatkan pemberitahuan melalui email apabila dibuka jadwal Tes dengan mendaftarkan email Anda di sini.

Kontak kami

Fakultas Psikologi - Universitas Airlangga
Kampus B Unair - Jl. Airlangga 4-6, Surabaya - 60286
Untuk pertanyaan lebih lanjut, silakan klik di sini.